Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kandungan Lokal Skuter Listrik Viar Cuma 20 Persen

Febri Ardani Saragih - Rabu, 7 Juni 2017 | 11:43 WIB
Skuter listrik Viar Q1
Febri Ardani/Otomania
Skuter listrik Viar Q1

Jakarta, Otomania.com – Skuter listrik Q1 dirakit di dalam negeri di pabrik Viar di Semarang, Jawa Tengah. Pihak Triangle Motorindo, sebagai produsen sepeda motor merek asal Indonesia itu menjelaskan, Q1 punya kandungan lokal 20 persen.

Direktur Triangle Motorindo, Sutjipto Admotjo, menjelaskan, 20 persen kandungan lokal itu terdiri dari ban dan karet-karet. Q1 menggunakan ban merek Swallow. Sementara sisa komponen lainnya impor. Salah satu yang terbesar yaitu sistem gerak merek Bosch.

Diketahui, Q1 tidak murni dirancang Viar dari nol. Model serupa sebelumnya sudah dipasarkan di negara lain, namun di Indonesia pakai logo Viar. Tanpa mesin bikin rancangan Q1 sederhana, dampaknya bukan hanya pada perawatan yang mudah tapi perakitannya juga.

“Sebenarnya  perakitan motor listrik jauh lebih mudah,” kata Sutjipto saat peluncuran Q1 di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Triangle Motorindo akan memproduksi Q1 sebanyak 100 unit per bulan pada tahun ini. Lantas pada akhir tahun produksinya ditingkatkan menjadi 500 unit per bulan.

Secara bertahap, kandungan lokal Q1 dikatakan bakal ditingkatkan. Di sinilah peran Universitas Gadjah Mada yang digandeng Triangle Motorindo untuk mengembangkan Q1 lebih jauh. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa