Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tunggu Waktu Berbuka, Yuk Ganti Wiper Mobil

Setyo Adi Nugroho - Senin, 5 Juni 2017 | 13:45 WIB
Merawat wiper kaca mobil
autofresh.net
Merawat wiper kaca mobil

Jakarta, Otomania.com - Jelang mudik Lebaran, mobil yang nanti akan digunakan harus dalam kondisi prima. Salah satunya bagian mobil yang perlu perhatian adalah wiper kaca bagian depan.

Pasalnya wiper memegan peranan penting menghadirkan visibilitas di kaca depan. Selain saat hujan juga saat kaca depan dalam kondisi kotor akibat debu.

Wiper butuh penggantian jika sudah tidak dapat menyingkirkan air secara sempurna dari permukaan kaca.Cara mengganti wiper juga cukup mudah, bahkan dapat dilakukan sembari menunggu waktu berbuka.

"Paling pertama pemilik mobil ukur panjang bilah wiper dengan menggunakan alat ukur. Biasanya satuannya dalam ukuran inci," ucap Suryanto dari Alif Aksesori beberapa waktu lalu.

Setelah mendapatkan wiper dengan ukuran standar pabrikan, tinggal melepas wiper lama. Caranya, angkat wiper dari kaca lalu tekan dan dorong ke bawah pengait di tengah bilah wiper. Ada beberapa model pengait lain tapi secara umum caranya hampir sama

Lakukan langkah yang sama untuk wiper satunya. Guna berjaga-jaga, lapisi ujung wiper dengan kain agar bila tidak sengaja jatuh, ujung wiper tidak merusak permukaan kaca.

Sebelum memasang wiper baru ada baiknya membersihkan tuas wiper dari kotoran. Setelah bersih lalu pasang dengan mengkaitkan wiper baru sampai terdengar bunyi klik. Selesai.

"Wiper yang tersedia di pasaran saat ini memang ada yang menjual secara satuan. Namun disarankan untuk menjaga performa wiper, penggantian dilakukan sepasang," ucap Suryanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa