Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ubah Wiper Belakang ala Modifikasi JDM

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 24 November 2016 | 18:53 WIB

Jakarta, Otomania – Wiper berperan penting di saat musim hujan seperti saat ini untuk memberikan pandangan bersih di kaca pengemudi. Tidak hanya di depan, namun juga di kaca belakang.

Namun kerap kali wiper belakang yang ingin digunakan tidak dapat menyapu air yang jatuh di kaca mobil. Akibatnya malah tidak mampu memberikan pandangan yang bersih.

“Biasanya wiper belakang luput dibersihkan saat kendaraan dicuci, atau dirawat saat kondisi tidak hujan. Kemampuan wiper yang berkurang salah satunya juga dari debu yang menempel pada karet yang membuat karet mengeras atau getas,” ucap Ugie Sugiant, pehobi modifikasi saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Salah satu cara yang dilakukan untuk membuat karet wiper minim ditempel kotoran adalah dengan mengubah dudukan wiper agar wiper selalu diposisi tegak. Model ini sebenarnya bermula dari gaya modifikasi Japan Domestic Market (JDM), yang digandrungi  komunitas-komunitas mobil, namun ternyata memiliki kegunaan lain.

“Posisi wiper tegak ini membuat kotoran minim tertahan di wiper. Posisi ini juga mengurangi masalah suara wiper yang berisik saat dioperasikan. Kebanyakan di aplikasikan di wiper belakang yang jarang digunakan,” ucap Ugie yang juga member salah satu komunitas mobil ini.

Untuk mengubah wiper menjadi tegak, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pemilik mobil. Cara ini juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel.

Pertama lepas penutup batang wiper lalu membuka bautnya. Lepas wiper dari porosnya kemudian buka door trim pintu belakang. Buka baut wiper mulai dari atas, tengah dan terakhir bagian bawah secara berurutan.

Langkah berikutnya setelah door trim dicopot, lepas dudukan wiper atau motor wiper dengan membuka beberapa baut yang menguncinya. Buka rumah dudukan wiper dan ingat-ingat bentuk orisinalnya.

Nah, di sini sederhananya kita hanya tinggal memindahkan dudukan tuas pada gir motor. Jika sebelumnya di lubang sebelah kiri, kita pindah ke sebelah kanan,” ucap Ugie.

Setelah itu kembalikan dan pasang semua ke posisi semula. Jangan lupa soket kabel disambung kembali hingga terdengar bunyi klik. Maka saat ini akan didapat wiper dalam posisi berdiri sebelum digunakan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa