Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Kondisi Wiper Mobil Sambil Tunggu Waktu Berbuka

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 4 Juni 2017 | 08:07 WIB
Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade
bosch
Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Jakarta, Otomania.com – Salah satu bagian pada mobil yang memerlukan perhatian adalah bilah wiper pada kaca depan. Perangkat ini cukup penting kerjanya mengingat jadi tumpuan utama membersihkan kaca depan saat berkendara di tengah hujan.

Masalah muncul ketika bilah wiper tidak lagi dapat membersihkan air yang jatuh di kaca dengan baik. Padahal visibilitas jadi bagian penting selama berkendara.

Terutama menyambut musim mudik Lebaran, pemilik mobil wajib melakukan pemeriksaan pada wiper mobil masing-masing. Ini bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka.

“Cara meliihat kondisi karet wiper masih baik atau tidak bisa dilihat dari seberapa bersih bilah wiper menyingkirkan air dari permukaan kaca. Kalau masih menyisakan air di jalur karet wiper artinya butuh penggantian,” ucap Suryanto dari Alif Aksesori MGK Kemayoran beberapa waktu lalu.

Saat ini di pasaran sudah tersedia beragam merek wiper dengan beragam rentang harga. Untuk mengganti wiper tersebut pemilik mobil cukup mengukur panjang bilah wiper dengan alat ukur.

“Disarankan mengganti baru. Saat ini bilah wiper ditawarkan langsung satu pasang untuk visibilitas yang lebih baik saat hujan datang,” ucap Suryanto.

Untuk perawatan dan memperpanjang usia pakai wiper, pemilik sebaiknya memperhatikan posisi parkir mobil. Bila selama ini banyak parkir di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya pindah ke tempat parkir yang terlindung.

Bila terpaksa parkir di luar ruang sebaiknya posisi wiper dalam keadaan berdiri. Ini karena karet wiper yang bersentuhan dengan kaca dalam waktu lama dapat cepat keras atau getas. Kondisi ini akan berakibat wiper tidak dapat membuang air dengan sempurna.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa