Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Khusus Diesel, Ngabuburit Cek Kondisi "Water Sedimen Meter"

Agung Kurniawan - Jumat, 2 Juni 2017 | 15:24 WIB
water sedimenter
grainger.com
water sedimenter

Jakarta, Otomania.com - Khusus mobil diesel memiliki perawatan yang jauh berbeda dari mobil bensin. Fokus utamanya tidak hanya pada sisi mesin, tapi juga soal kondisi filter Solar yang memang menjadi pintu utama bahan bakar sebelum menuju ke tangki.

Selain residu dari Solar, kasus kontaminasi air kerap menjadi persoalan utama para pemilik mobil diesel. Namun, bila ada yang mengalaminya tidak perlu panik, karena mobil diesel sudah menggunakan sedimen filter yang berguna menampung air dan bisa dibersihkan sendiri tanpa harus ke bengkel.

Baca : Ngabuburit, Bersihkan Kaca Spion dari Jamur

"Pada mobil modern sudah cukup mudah mengetahui kapan harus menganti dan membuang air yang ada pada filter. Cukup perhatikan dari indikator pada panel instrumen, bila sudah berkedip artinya cakupan air pada filter sudah penuh," ucap Arifani Perbowo, General Manager Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) saat dihubungi Otomania, Jumat (2/6/2017).

Menurut Arifani, untuk membersihkan atau membuat air pada sedimen filter sebenarnya sangat mudah. Cukup membuka kap mesin, lalu lihat letak filter, biasanya untuk membuka saluran tersedia baut pada bagain bawah. Saat sudah ketemu tinggal dikendurkan dan air akan mengalir melalui saluran yang tersedia.

Ilustrasi Filter Solar
KompasOtomotif
Ilustrasi Filter Solar

"Melakukan pembersihannya memang mudah, tapi untuk mobil diesel modern akan sedikit menyita waktu, karena ruang mesin yang didesain kompak biasanya harus ada buka tutup cover mesin dulu. Saat akan membuang air, pastikan kondisi mesin mati, dan biasanya saat dibuka akan diikuti beberapa Solar yang ikut terbuang," ucap Arifani.

Baca : Ini Bahaya Jika Biarkan Karpet Mobil dalam Kondisi Kotor

Meski mudah dilakukan sendiri, namun Arifani menyarankan sebisa mungkin saat akan membuang air pada sediment filter juga diikuti oleh pergantian filter baru. Karena biasanya partikel filter juga sudah terkontaminasi air sehingga ada kemungkinan air bisa masuk ke tangki bahan bakar.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa