Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Prediksi Pertamina Stok BBM Aman Buat Mudik

Febri Ardani Saragih - Kamis, 1 Juni 2017 | 07:35 WIB
Pemudik dan warga sekitar mengantre bensin di SPBU Bangsri, Brebes, Jawa Tengah, Senin (4/7/2016).
Muhammad Nashir
Pemudik dan warga sekitar mengantre bensin di SPBU Bangsri, Brebes, Jawa Tengah, Senin (4/7/2016).

Jakarta, Otomania.com – Pertamina memprediksi stok Bahan Bakar Minyak (BBM) bakal aman pada masa arus mudik dan balik Lebaran. Ketahanan pasokan BBM kendaraan terhitung pada 21 Mei 2017 mencapai lebih dari tiga pekan.

Dari data yang dibeberkan Pertamina, stok Premium tahan sampai 24 hari, Pertalite 21 hari, Pertamax 24 hari, Pertamax Turbo 22 hari, Solar 26 hari, dan DEX 37 hari.

Pihak Pertamina menjelaskan, pada arus mudik dan balik (H-7 dan H+7), konsumsi pemakaian harian Premium bakal meningkat 5 persen dari normal, sedangkan untuk Pertalite naik 15 persen, dan Pertamax naik 10 persen.

“Kenapa Pertalite lebih tinggi (kenaikannya dari Premium? Karena ada perubahan pola konsumen,  sekarang masyarakat lebih suka pakai Pertalie. Di Pulau Jawa, perbandingannya Premium 40 persen sedangkan 60 persen Pertalite,” ucap Adiatma Sardjito, VP Corporate Communication Pertamina, , dalam diskusi “Menengok Kesiapan Mudik Lebaran 2017” yang digelar Universitas Pertamina di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Kendaraan mengular 18 kilometer di Tol Pejagan-Pemalang ruas Pejagan Brebes Timur, Jumat (1/7/2016).
Kristianto Purnomo/Kompas.com
Kendaraan mengular 18 kilometer di Tol Pejagan-Pemalang ruas Pejagan Brebes Timur, Jumat (1/7/2016).

Kondisi stok BBM buat mudik dan balik diperkirakan bakal aman, namun Adiatma mengatakan masalahnya bukan pada stok tapi distribusi. Belajar dari kasus macet total di Tol Brebes Exit alias Brexit pada tahun lalu, pihak Pertamina tahun ini lebih mengerahkan BBM yang bisa disuplai dinamis, seperti BBM kemasan kaleng dan  dan motor pengangkut BBM.

Selain itu Adiatma juga mengungkap, bakal ada truk tangki BBM yang parkir di setiap SPBU yang ada di jalur mudik. Hal itu untuk mengantisipasi SPBU kekurangan suplai BBM. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa