Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Lupa Manfaatkan Program Mudik Gratis Ini

Setyo Adi Nugroho - Senin, 29 Mei 2017 | 08:25 WIB
Truk pengangkut sepeda motor mudik
AHM
Truk pengangkut sepeda motor mudik

Jakarta, Otomania.com – Meski baru memasuki awal bulan Ramadhan, masyarakat Ibu Kota yang ingin mudik sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari. Salah satu moda tranporasi yang dipilih adalah sepeda motor.

Untuk menekan penggunan sepeda motor ini, Kementrian Perhubungan mengadakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis. Tahun ini ditargetkan sebanyak 44.721 sepeda motor dapat diangkut melalui program ini.

Bagi masyarakat yang tertarik, cukup mendaftarkan diri secara online melalui www.mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran ini sudah dibuka sejak 18 Mei lalu dan berakhir 16 Juni medatang.

Kota tujuan yang akan dilayani program ini juga cukup luas. Moda darat akan singgah ke 29 kota diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri dan daerah sekitarnya. Kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo dan Kediri.

Moda penyebrangan akan melayani tujuan Semarang dan Lampung menggunakan dua kapal ferry yakni KMP Jatra Tiga menuju Lampung serta KMP Sebuku ke Semarang. Keduanya dapat mengangkut 5.000 unit motor dan 10.000 penumpang. Pendaftarannya dibuka mulai 1 Juni hingga dua hari sebelum keberangkatan di Kantor Dishub Depok, Bekasi, Tangerang dan ASDP Pusat.

Untuk moda kapal laut akan menuju ke kota Semarang dengan tiga kapal Ro-Ro. Daya angkut ketiganya mencapai 16.000 unit motor dan 32.000 penumpang. Khusus moda kapal laut pendaftaran baru akan dibuka on-line pada 29 Mei sampai 12 Juni mendatang.

Harapannya, para pemudik dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah ini semaksimal mungkin karena ini tidak dipungut biaya. Serta untuk meminimalkan penggunaan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa