Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Rawat "Roof Box" Usai Dipakai Mudik

Stanly Ravel - Rabu, 13 Juli 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Roof box menjadi solusi bagi mobil yang minim dengan ruang bagasi. Agar fungsinya tetap terjaga dan bisa digunakan lagi di kemudian hari, maka roof box juga butuh dirawat.

Salah satu cara merawatnya bukan hanya dengan membersihkan saja, tapi juga dilepas dan simpan bila tidak digunakan. Hal ini penting dilakukan agar lapisan roof box tidak mudah rusak.

"Jangan dipasang bila tidak digunakan. Meski memiliki material yang berkualitas, tapi bila terus-terusan terjemur matahari dan di guyur hujan maka bahan plastiknya cepat getas," ucap Helen dari Banteng Mas saat dihubungi Otomania, Senin (11/7/2016).

Selain roof box, roof rack juga wajib dilepas. Menurut Helen, bahan material roof rack yang terbuat dari besi sebagai penyangga roof box akan mudah berkarat bila terkena air hujan atau sisaan air setelah mencuci mobil.


"Kalau mau awet yah musti dilepas bila tidak digunakan. Usahakan simpan di tempat yang teduh, dan kalau bisa masukan silika gel di dalam roof box agar tidak lembab dan bau," kata Helen.

Perlu diingat pemasangan roof box tanpa fungsi justru bisa membuat bobot kendaraan bertambah. Selain handling yang menjadi kurang, otomatis juga mempengaruhi sisi efesiensi bahan bakar kendaraan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa