Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahukah Anda Asal Nama Toyota?

Aris F Harvenda - Selasa, 30 Mei 2017 | 03:06 WIB
Replika Mobil pertama Toyota, Toyoda Model AA dipajangkan di lantai pertama museum Toyota, Sabtu (11/2/2017).
Kompas.com/ Farid Assifa
Replika Mobil pertama Toyota, Toyoda Model AA dipajangkan di lantai pertama museum Toyota, Sabtu (11/2/2017).

Jepang, Otomania.com - Pendiri pabrikan mobil Toyota adalah Sakichi Toyoda. Lantas mengapa merek mobil terbesar di Jepang tersebut tidak menggunakan nama belakang pendirinya?

Semua berawal ketika Sakichi Toyoda yang lahir di Jepang 14 Februari 1867 menjadi pengusaha, sekaligus pekerja keras membangun alat tenun untuk perusahaan manufaktur kecil bidang tekstil dengan nama belakangnya, Toyoda.

Kiichiro Toyoda, putra Sakichi, pada 1936 kemudian memutuskan untuk mulai membangun perusahaan mobil. Karenanya, Kiichiro membutuhkan nama baru untuk perusahaannya. Sebab bisnis yang dibangun ayahnya pada 1926 bernama Toyoda Automatic Loom Works Ltd, sedang ia membutuhkan sumber daya dari perusahaan tersebut, Kiichiro lalu memutuskan memberi nama perusahaan mobilnya dengan cara yang sama, Toyoda.

27 ribu orang

Namun suatu kali ia ingin membuat semacam publikasi supaya perusahaannya lebih dikenal. Keluarga Toyoda pun mengadakan kontes membuat logo yang kemudian direspons oleh dua puluh tujuh ribu orang.

Lucunya, mereka memiliki seorang pemenang kontes, yang sayangnya tidak disebutkan, karena mengubah kata "Toyoda" menjadi "Toyota" (tidak menggunakan huruf "d").

Otomania.com - Ejaan Toyota dalam huruf Katakana
rahlegal.in
Otomania.com - Ejaan Toyota dalam huruf Katakana


Menurut keluarga Toyoda, perubahan ini punya beberapa keuntungan. "Toyota" punya huruf yang lebih halus dari "Toyoda" ketika dibaca. Menurut mereka, yang secara fonetis kata Toyota membuat gulungan lidah lebih baik saat mengucapkannya, terutama bagi orang-orang di luar bangsa Jepang, seperti Amerika misalnya.

Sapuan kuas

Selain itu, dalam tulisan Katakana (jenis huruf Jepang), kata Toyota hanya membutuhkan 8 sapuan kuas. Sedangkan Toyoda membutuhkan 10 sapuan kuas. Angka 8 pun dianggap sebagai angka keberuntungan di Jepang, sedangkan bentuk karakter hurufnya melambangkan pertumbuhan masa depan dan kemakmuran.

Maka jadilah mobil-mobil itu menggunakan logo Toyota, dengan model mobil pertama Toyota Model AA. Namun logo asli masih dipajang di kantor pusat Toyota Motor Company di Aichi.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa