Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Yaris "Street Racing" ala "Ghost Rider"

Stanly Ravel - Selasa, 9 Mei 2017 | 17:13 WIB
Toyota Yaris Black Auto Battle Solo
Stanly/KompasOtomotif
Toyota Yaris Black Auto Battle Solo


Jakarta, Otomania.com- Pertarungan modifikasi mobil terbaik dalam gelaran Black Auto Battle Solo 2017, menghasilkan beberapa juara di masing-masing kelas. Salah satunya Toyota Yaris milik Abieb dari BJG Yogyakarta yang keluar sebagi runner up pertama Black Auto Modifiy Solo.

Mobil hatchback lansiran 2006 dengan transmisi otomatis ini sukses mengalahkan beberapa rivalnya setelah mengantongi lebih dari enam kategori. Bicara soal konsep modifikasi, Yaris ini dibentuk dengan konsep street racing yang memadukan kesan sporty namun tetap diperkaya dengan fitur entertainment.

Eksterior

Ubahan yang dilakukan cukup meyeluruh, tapi menariknya tanpa menghilangkan tampilan asli Yaris. Urusan eksterior, sudah dijejali dengan ragam kustom menarik, contohnya bagian pintu yang saat ini sudah mengusung model gunting, tapi jangan harap masih ada empat pintu, karena pilar C di bagian tengah sudah dimodifikasi dan dilas mati pada pintu baris kedua.

Toyota Yaris Black Auto Battle Solo
Stanly/Otomania
Toyota Yaris Black Auto Battle Solo

"Konsepnya racing, tapi ini juga full audio Pioneer, jadi masih bisa dinikmati juga untuk harian. Untuk biaya, tidak hitung dari pertama tapi yang pasti sudah lebih dari harga mobilnya kok ini," ucap Abieb kepada Otomania beberapa waktu lalu di Solo, Jawa Tengah.

Sektor bodi secara keseluruhan juga sudah dipermak. Seperti penyematan kustom bodykit full karbon, over fender, head lamp menggunakan Yaris versi Jepang, sampai penerapan sistem motorized yang bisa dikendalikan dari ponsel untuk membuka pintu kiri-kanan, bagasi, dan kap mesin.

Terakhir, seluruh warna asli dikuliti dan dibungkus ulang menggunakan paduan warna biru metalik serta permainan airbrush dengan konsep Ghost Rider.

Toyota Yaris Black Auto Battle Solo
Stanly/Otomania
Toyota Yaris Black Auto Battle Solo
Tongkrongan Yaris pun makin terlihat galak dengan penggunaan air suspension empat titik dan pelek Work Mester 18 inci yang bisa membuatnya menyatu dengan tanah.

Interior

Masuk ke interior, mengusung konsep street racing maka sedikit wajar bila soal kenyamanan sedikit dikesampingkan. Ruang kabin Yaris sudah dirombak total, jok sudah menggunakan model bucket dari Bride, rollbar kustom juga turut disematkan, sedangkan dasbor sudah dibungkus dengan full karbon hingga sektor door trim.

Toyota Yaris Black Auto Battle Solo
Stanly/Otomania
Toyota Yaris Black Auto Battle Solo

Nuansa agresif ditonjolkan dengan pemasanan ragam takometer, menariknya untuk pegangan rem tangan, Abieb merancangnya sendiri sehingga terlihat unik. Sayang, kesan sporty kurang kental akibat kemudi masih mengandalkan bawaan asli Yaris.

Bagasi belakang jadi rumah audio Full Pioneer
Stanly/Otomania
Bagasi belakang jadi rumah audio Full Pioneer

Sedangkan bagasi belakang jangan harap masih ada sisa ruang untuk menaruh barang bawaan, semua sudah disulap jadi sarang sistem audio full kompetisi Pioneer. mulai dari dua subwoofer, dua power, satu monoblock, sampai penempatan head unit Pioneer 4 Series, serta monitor tujuh inci sebanyak dua unit.

Baca : Kalajengking Jadi Jawara Black Auto Battle Solo

Mesin

Penekanan street racing rupanya cukup serius digarap Abieb. Selain tampilan luar dalam, mesin pun juga ikut dirombak. Untuk mengimbangi bobotnya yang makin bertambah, maka mesin standar Yaris diberikan beberapa doping tenaga.

Sektor mesin sudah ditopang dengna supercharger
Stanly/Otomania
Sektor mesin sudah ditopang dengna supercharger

Hal pertama yang dilakukan memgikis bagian silinder head alias porting polis. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan supercharge dan Dastek yang dikombinasikan dengan open filter serta modifikasi pada intake, hasilnya Abieb merasa tenaga masih asik untuk membawanya lari pada kecepatan 160 kpj dengan bobot yang bertambah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa