Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Bukan Proyek Cari Duit

Febri Ardani Saragih - Minggu, 28 Mei 2017 | 07:35 WIB
Para pebalap MotoGP bersaing pada balapan GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016).
JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP PHOTO
Para pebalap MotoGP bersaing pada balapan GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016).

Jakarta, Otomania.com – MotoGP diyakini bukanlah proyek yang bisa menguntungkan secara finansial, benefit utama dari balapan sepeda motor kelas tertinggi itu adalah promosi. Inilah sebabnya sulit mencari investor yang mau dengan pola seperti itu.

Menggelar MotoGP menghabiskan dana besar. Misalnya, Circuit Advisor Sentul Irawan Sucahyono mengatakan butuh Rp 300 miliar untuk merenovasi Sirkuit Internasional Sentul sampai sesuai regulasi FIA untuk MotoGP.

Jumlah itu tergolong kecil karena sirkuitnya sudah tersedia. Irawan mengatakan setidaknya investor harus mengeluarkan dana sampai Rp 1,2 triliun buat MotoGP di lokasi lain yang perlu sampai membangun sirkuit baru.

“Proposal MotoGP itu secara finansial semua rugi, tapi untung secara promosi. Yang bisa memanfaatkan inilah yang kita ajak,” ucap Irawan di Tangerang, Rabu (26/5/2017).

Meski begitu Irawan bilang penyelengaraan MotoGP bukan cuma soal promosi perusahaan, merek, atau pihak tertentu, tetapi juga mengangkat kebanggaan Indonesia.

“Jadi kebanggaan nasional itu mau enggak mau dipikirkan. MotoGP intinya di situ. Malaysia juga bermasalah dengan F1, sama saja secara finansial rugi karena nombok terus,” kata Irawan.  

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa