Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahan Renungan Transisi Datsun-Nissan [Galeri Foto]

Febri Ardani Saragih - Jumat, 19 Mei 2017 | 08:45 WIB
Datsun 280ZX produksi 1983. Model ini jadi transisi peralihan Datsun ke Nissan
Febri Ardani/Otomania
Datsun 280ZX produksi 1983. Model ini jadi transisi peralihan Datsun ke Nissan

Jakarta, Otomania.com – Nama Datsun pernah menghilang dari jagad otomotif lalu diganti menjadi Nissan pada 1986. Mendekati tahun itu masa-masa transisinya terjadi, bukti sejarahnya terlihat pada sosok mobil sport 2-pintu Datsun 280ZX yang sempat mejeng di acara ulang tahun Datsun Indonesia di Yogyakarta, pada Sabtu (13/5/2017).

Sayangnya, pemilik mobil yang dikirim dari Surabaya itu tidak hadir di acara. Jadinya, informasi soal identitas mobil yang juga dijual di negara lain dengan nama Fairlady Z ini tidak bisa dikorek banyak.

Datsun 280ZX
Febri Ardani/Otomania
Datsun 280ZX

Walau begitu, sosoknya sendiri sebenarnya bisa bercerita banyak kisah. Datsun 280ZX merupakan generasi kedua model Z yang punya profil kap mesin memanjang dan desain fastback. Selain itu, sistem gerak roda belakang, bentuk kap mesin yang unik dan mata bulat masih dibawa dari desain model Z sebelumnya.

Datsun 280ZX menggendong mesin 6-silinder segaris 2.8L.
Febri Ardani/Otomania
Datsun 280ZX menggendong mesin 6-silinder segaris 2.8L.
Mobil yang lagi nongkrong jadi pusat perhatian ini kelahiran 1983, tandanya bisa dilihat dari panel T-top pada bagian atap yang bisa dicopot. Mesinnya L28E, 6-silinder, 2.8L, dengan lambang “Nissan” pada bagian atasnya. Datsun 280ZX merupakan mobil penumpang Datsun pertama yang memakai lambang Nissan.

Rasanya hampir semua bagian tubuhnya masih orisinil, kecuali ban. Mesinnya masih hidup dan bisa dibawa jalan. Di kabin, semuanya juga terlihat masih seperti aslinya. Urusan hiburan masih mengandalkan kaset.

Orisinalitas Datsun 280ZX bisa jadi bahan renungan buat pemilik atau penggemar Datsun modern. Biar lebih tahu banyak kondisi mobil ini, silahkan klik galeri berikut

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa