Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kecelakaan Maut di Surabaya, Pakai Motor Sport Tak Bisa Sembarangan

Aditya Maulana - Jumat, 5 Mei 2017 | 13:13 WIB
Ilustrasi kecelakaan motor
gas2.org
Ilustrasi kecelakaan motor

Jakarta, Otomania.com - Kecelakaan sepeda motor sport yang terjadi di kawasan Pakuwon City, Surabaya, Jawa Timur, ramai diperbincangkan masyarakat. Pengendara Honda CBR250RR meninggal dunia, sedangkan pengguna Yamaha R25 mengalami luka berat.

Kedua motor sport itu kebut-kebutan, dan salahnya lagi penggendara CBR250RR menyalip R25 menjelang persimpangan. Pengguna CBR250RR berhasil menghindar mobil di persimpangan, tetapi menabrak mobil di depannya.

Selain harus selalu waspada ketika di jalan raya, menggunakan motor sport juga harus memiliki keahlian khusus. Alasannya, karena memiliki tenaga yang lebih besar dari motor bebek atau skutik.

"Pakai motor sport butuh keahlian khusus, dan tidak sembarangan orang bisa mengendalikannya, terutama ketika melaju dengan kecepatan tinggi," ujar Jusri Pulubuhu, penggiat keselamatan sekaligus Kepala Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi Otomania.com, Jumat (5/5/2017).

Touring Honda CBR250RR.
Istimewa
Touring Honda CBR250RR.

Jusri menjelaskan, selain faktor itu perlu juga memahami soal pentingnya berkendara aman dan nyaman. Kata Jusri jangan anggap jalan sepi itu aman.

"Justru lebih bahaya berkendara di jalan sepi, karena di jalan itu adalah publik area yang siapa saja ada di jalan itu. Sikap hati-hati harus selalu ditanamkan ketika berkendara mobil atau motor," ujar Jusri.

Berkaca pada kecelakaan CBR250RR dan R25, semua pengguna kendaraan bermotor harus lebih hati-hati ketika di jalan. Tak kalah penting, wajib menaati peraturan lalu lintas.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa