Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahaya Tersembunyi di Balik Tangki Bensin

Stanly Ravel - Rabu, 26 April 2017 | 16:05 WIB
Tangki bensin motor
Stanly/Otomania
Tangki bensin motor

Jakarta, Otomania.com - Kebakaran sepeda motor di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) kerap terjadi karena faktor kendaraan yang tidak standar. Namun di luar dari itu, ternyata ada hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya letupan api dari kendaraan.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), mengatakan bahwa selain kondisi motor yang tidak lagi standar, uap bensin pada tangki juga berpotensi menimbulkan letupan api.

Baca : Kenali Risiko Kebakaran di SPBU

"Harus diketahui di dalam tangki bensin kendaraan selain bahan bakar juga terdapat uap dari gas bahan bakar. Dalam kondisi cuaca panas, mesin panas, otomatis uap tersebut juga semakin tinggi tekanannya. Akan berbahaya bila membuka tutup tangki saat akan mengisi bahan bakar," ucap Jusri saat dihubungi Otomania, Senin (24/4/2017).

Uap tersebut, lanjut Jusri, lanjut Jusri memiliki potensi untuk membawa letupan karena adanya tekanan. Karena itu penting untuk membuka tutup bensin sesaat sebelum melakukan pengisian bahan bakar.

Ilustrasi kebakaran sepeda motor
http://sarinform.com
Ilustrasi kebakaran sepeda motor

"Biasanya saat isi bensin kita akan antre. Waktu antre tersebut usahakan kita sudah buka tutup tangki agar menjaga flow udara dari gas di dalam tangki keluar lebih dulu, jangan baru buka saat nozzle bensin akan melakukan pengisian," ucap Jusri.

Baca : Kenapa Wajib turun dari Motor Saat Isi BBM di Shell ?

Menurut Jusri, secara prilaku orang akan menilai hal tersebut sangat sepele, tapi secara logika tekanan gas yang tinggi dan ditunjang dengan adanya cuaca panas bisa membuat terjadinya letupan api. Parahnya lagi di SPBU sudah terdapat triangle of fire, alias tiga unsur utama pembentuk api, yakni panas, udara, dan bahan bakar itu sendiri.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa