Pabrik Nissan Indonesia Juga Bisa Produksi Mitsubishi

Azwar Ferdian - Rabu, 26 April 2017 | 13:31 WIB
Produksi Datsun Go  Panca di pabrik Nissan Purwakarta. Datsun akan sangat agresif di Indonesia.
Donny Apriliananda
Produksi Datsun Go Panca di pabrik Nissan Purwakarta. Datsun akan sangat agresif di Indonesia.

Jakarta, Otomania.com – Kemampuan pabrik baru Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat, untuk menghasilkan produk Nissan bukan hanya berlaku searah. Chairman of the Board Mitsubishi Motors Corporation Carlos Ghosn mengatakan, memungkinkan juga pabrik Nissan di Indonesia memproduksi model Mitsubishi.

“Dari waktu ke waktu, kami bisa melakukan silang produksi, jadi pabrik Nissan bisa memproduksi Mitsubishi atau sebaliknya,” kata Ghosn saat peresmian pabrik baru Mitsubishi, Selasa (25/4/2017).

Meski bisa saling tukar produksi, Ghosn meyakinkan kerja sama ini bukan konsolidasi sebab pabrik masing-masing tetap berdiri sendiri. Bukan hanya itu, menurut Ghosn juga Nissan tidak akan menjadi pemilik sepenuhnya Mitsubishi.

“Kami bukan berkonsolidasi. Kami akan silang produksi jika kondisinya masuk akal,” jelas Ghosn.

Rencana awal silang produksi akan dilakukan pertama oleh pabrik Mitsubishi di Bekasi. Pada 2019, pabrik itu bakal melahirkan low MPV untuk Nissan. Model itu menggunakan platform versi produksi XM Concept yang akan lahir pada tahun ini.

Persiapan buat silang produksi itu sudah dilakukan, yaitu kerja sama logistik yang memungkinkan mobil Nissan dan Mitsubishi diproduksi menggunakan suku cadang yang sama. 


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa