Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

R&D Daihatsu Bukan buat Mobil Perdesaan

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 11 April 2017 | 17:45 WIB
Tes banjir dua arah, antisipasi gelombang datang dari arah berlawanan.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Tes banjir dua arah, antisipasi gelombang datang dari arah berlawanan.

Jakarta, Otomania.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pusat desain dan R&D baru di Karawang Timur, Senin (10/4/2017). Fasilitas ini menargetkan pada 2019, Daihatsu mampu menghadirkan full model change produk mereka untuk pasar Indonesia.

Selain itu, fasilitas ini akan menjadi tempat Daihatsu mengembangkan produk baru di luar Jepang. Mengingat ada rencana program membuat mobil kecil untuk perdesaan ke depannya, apakah ini juga menjadi target Daihatsu nantinya?

“Tidak kesana ya. Itu kan program pemerintah. Kita sendiri ingin membangun fasilitas R&D ini karena murni ingin punya kemampuan rancang bangun sebagai komitmen Daihatsu untuk Indonesia,” ucap Sudirman MR, Presiden Direktur ADM pada Otomania, (10/4/2017).

Sudirman menungkapkan fasilitas ini menjadikan Indonesia basis produksi untuk mobil Daihatsu di luar Jepang. Selama ini Indonesia hanya kedapatan untuk ubahan kecil pada produk Daihatsu atau minor change, 2019 nanti full body change bisa dilakukan tanpa perlu ke Jepang.

Ditemui di kesempatan yang sama, I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian, mengungkapkan industri otomotif merupakan satu siklus panjang. Bisa dimulai dari R&D, prototiping, produksi, marketing, pasarakan kemudian menerima masukan dari konsumen dan seterusnya.

“Jadi kerjanya tidak seperti buat prakarya yang dibuat sekali lalu besok bikin yang lain. Sekarang kalau ada masukan produk mobil mogok, balik ke sini dalam waktu singkat sudah bisa diselesaikan, apa yang perlu dimodifikasi. Itu tujuannya ada R&D,” ucap Putu.

Pemerintah akan menyiapkan insentif tambahan bagi produsen yang membangun R&D di dalam negeri. Harapannya akan diikuti produsen lainnya untuk membangun dan memajukan dunia otomotif dalam negeri.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa