Lengkapnya Area Pengujian Mobil Daihatsu

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 11 April 2017 | 09:45 WIB
Proses pengujian kendaraan di pusat R&D Daihatsu
Otomania/Setyo Adi
Proses pengujian kendaraan di pusat R&D Daihatsu

Jakarta, Otomania.com – Salah satu bagian pada pusat penelitian dan pengembangan (R&D) terbaru milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah kehadiran area test course. Di sini, kendaraan baru yang akan meluncur ke pasar diuji dengan serangkaian pengujian berat agar sesuai dengan standar kenyamanan dan keamanan Daihatsu.

“Di sini ada 24 jenis jalan di Indonesia dalam satu tempat pengujian. Kami memang mempersiapkan produk untuk pasar Indonesia, jika kemudian bisa diekspor seperti ke Jepang dan Malaysia, itu merupakan bonus,” ucap Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM, (10/4/2017).

Otomania berkesempatan untuk jalan-jalan di area test course ini dan melihat langsung kegiatan pengujian produk dengan standar tinggi Daihatsu dan Toyota ini.

Area pertama yang dimasuki adalah jalan lurus dengan lebar tiga jalur yang cukup mulus. Di pinggir trek ini terdapat trek dengan kondisi jalan bergelombang untuk pengetesan suspensi dan kenyamanan.

Salah satu aktivitas di R&D Daihatsu, Karawang. Mobil harus melewati tanjakan dan jalan bergelombang.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Salah satu aktivitas di R&D Daihatsu, Karawang. Mobil harus melewati tanjakan dan jalan bergelombang.

Paling menarik, Daihatsu menciptakan tanjakan dengan tinggi hingga 22 derajat sebagai simulasi dari beragam jenis tanjakan di Indonesia. Tanjakan ini bahkan membuat pengemudi seperti berdiri menghadap langit saat menuju puncak.

“Ini menguji tenaga mesin dan juga kemampuan mobil di jalan menanjak juga saat turunan. Tes ini untuk menguji sesuai kondisi jalan yang ditemui di Indonesia seperti tanjakan Nagreg,” ucap pemandu yang mendampingi rombongan.

Pengujian berlanjut ke jalur flood test, mud test dan water splash course. Pada flood test, dua mobil dibiarkan berpapasan untuk melihat pengaruh gelombang air terhadap ketahanan mobil.

Tes banjir dua arah, antisipasi gelombang datang dari arah berlawanan.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Tes banjir dua arah, antisipasi gelombang datang dari arah berlawanan.

“Banyak yang tidak menduga tingginya gelombang air yang diciptakan saat ada mobil lain berpapasan. Ini sering jadi masalah di Indonesia. Kami memiliki tempat pengujian ini,” ucap Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development ADM.

Pengetesan berlanjut dengan memanfaatkan fasilitas trek seperti untuk pengujian kesenyapan kabin, akselerasi dan pengendalian serta pengereman. Pengujian ini dilakukan di trek lurus sepanjang 2,7 kilometer dengan beragam jenis permukaan.

Fasilitas yang dibangun dengan dana lebih Rp 1 triliun ini menjadi komitmen Daihatsu Jepang untuk alih teknologi demi kemajuan industri otomotif di Indonesia.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa