Komparasi, Pilih Etios Valco atau Agya 1.2L?

Febri Ardani Saragih - Selasa, 11 April 2017 | 08:25 WIB
Toyota Agya 1.2L TRD S A/T VS Etios Valco JX M/T
Toyota Astra Motor (TAM)
Toyota Agya 1.2L TRD S A/T VS Etios Valco JX M/T

Jakarta, Otomania.com – Buat konsumen yang hanya mau beli merek Toyota, saat ini ada dua pilihan hathcback dengan mesin 1.2L, yaitu Agya dan Etios Valco. Mana yang lebih baik dipilih? Berikut ulasannya dari Otomania.

Pertama yang harus diketahui, dua model ini tidak sebanding dari ukuran walau masuk di kelas yang sama, subcompact A. Setiap model Low Cost Green Car (LCGC), seperti Agya 1.2L, adalah mobil berdimensi paling kecil yang ada di Indonesia.

Panjang Agya lebih pendek 175 mm, lebih kecil 95 mm, dan lebih rendah 10 mm dari Etios. Tentu ini mempengaruhi ruangan kabin, secara umum Etios yang punya instrument cluster di tengah dasbor, lebih lega.

Agya 1.2L lebih bertenaga

Agya 1.2L dan Etios menggunakan basis  mesin yang sama, 4-silinder 3NR DOHC. Bedanya, mesin Agya 1.2L dicetak massal oleh Astra Daihatsu Motor jadi kodenya 3NR-DE sedangkan Etios diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia maka kodenya 3NR-FE.

Selain itu beda keduanya juga pada teknologi tambahan. Mesin Agya 1.2L sudah mengadopsi dual VVT-i sedangkan pada Etios yang belum pernah facelift sejak meluncur pada 2013 tidak punya sistem elektronik bukaan katup ganda itu.

Selain bikin karakter mesin jadi lebih tenang, irit bahan bakar, dan responsif, teknologi dual VVT-i juga mempengaruhi output mesin. Walau bodinya lebih kecil tapi akselerasi Agya 1.2L bakal lebih kencang dari Etios.

Di atas kertas, mesin Agya 1.2L lebih bertenaga, besarnya 86 tk dan torsi 107 Nm. Etios cuma memiliki 78 tk dan torsi 103 Nm.

Fitur

Biar lebih masuk akal, varian yang dikomparasi tertinggi dari Agya 1.2L, TRD S A/T, dan terendah Etios Valco, JX M/T. Alasannya, harga dua varian itu bersentuhan, Agya 1.2L TRD S Rp 151, 9 juta sedangkan Etios JX M/T Rp 150,5 juta.

Buat awalan, jika Anda mencari mobil bertransmisi matik lebih baik jangan pilih Etios sebab semua variannya cuma ada manual 5-percepatan. Di lain sisi, otomatis tersedia pada Agya 1.2L TRD S namun masih konvensional 4-percepatan.

Pada Agya 1.2L TRD S tersedia lampu depan proyektor, lampu kabut, headunit 2DIN layar sentuh plus Bluetooth, dual SRS Airbag, headrest dan sabuk pengaman 3-titik untuk penumpang tengah jok belakang. ISOFIX, keyless entry plus immobilizer, sensor parkir, dan anti-lock braking system (ABS).

Etios JX M/T tidak punya semua fitur itu kecuali dual SRS Airbag, bahkan varian ini tidak dilengkapi headunit.

Kesimpulan

Agya 1.2L punya banyak kelebihan ketimbang Etios. Desain kekinian juga bisa menjadikannya pilihan mobil pertama buat konsumen yang tidak ingin ketinggalan jaman. Etios di lain sisi unggul dari kelegaan kabin, cocok buat keluarga kecil.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa