Toyota Prediksi Konsumen Etios Lari ke Agya 1.2L

Febri Ardani Saragih - Senin, 10 April 2017 | 15:24 WIB
Toyota Agya 1.2 G
Febri Ardani/Otomania
Toyota Agya 1.2 G

Jakarta, Otomania.com – Ada lagi masalah yang muncul usai peluncuran Agya 1.2L pekan lalu. Selain dipercaya bakal mengusik Calya dan Agya 1.0L, Etios Valco juga diprediksi akan terganggu.

Agya 1.2L masuk ke kelas penjualan yang sama dengan Etios, yaitu hatchback bermesin 1.2L. Bedanya, bodi Agya 1.2L lebih kecil dan lebih murah ketimbang Etios. Walau begitu tenaga Agya 1.2L (88PS)  lebih besar ketimbang Etios (80 PS).

Beda lain buat keduanya yaitu, Agya 1.2L diproduksi lokal oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Etios Valco dilahirkan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).
Febri Ardani/KompasOtomotif
Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).
Pergeseran konsumen memilih Agya 1.2L ketimbang Etios diakui oleh Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM). “Kalau saya lihat sih ada, tapi kenyataannya bagaimana kita lihat setelah ini (peluncuran). Beberapa bulan baru kelihatan ada perpindahan atau tidak,” katanya.

Saat ini Henry menjelaskan Etios masih diproduksi. Jawaban itu dijawab pasti, namun tidak jelas ketika ditanya sampai kapan. Berulang-ulang Henry mengatakan tergantung pasar dan kebutuhan konsumen. 

TAM mengatakan target penjualan New Agya 2017 sebesar 3.000 unit, 90 persennya varian 1.2l. Sementara itu Etios Valco sejak Januari cuma laku 80 unit per bulan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa