Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Sepeda Motor Tertukar di Tempat Parkir

Setyo Adi Nugroho - Senin, 10 April 2017 | 08:25 WIB
Parkir motor mengunakan sebagian badan jalan kawasan pusat grosir  Tanah Abang,  Jakarta, Minggu (7/10/2012). Padatnya kendaraan datang setiap harinya untuk berniaga, baik motor maupun mobil, memenuhi lahan parkir resmi hingga tidak resmi di kawasan tersebut.
KOMPAS/LASTI KURNIA
Parkir motor mengunakan sebagian badan jalan kawasan pusat grosir Tanah Abang, Jakarta, Minggu (7/10/2012). Padatnya kendaraan datang setiap harinya untuk berniaga, baik motor maupun mobil, memenuhi lahan parkir resmi hingga tidak resmi di kawasan tersebut.

Jakarta, Otomania.com – Peristiwa motor yang tertukar mungkin bisa terjadi pada siapa saja. Jumlah motor yang sangat banyak dengan bentuk yang sama, membuat pemilik bisa kebingungan atau tertukar saat di tempat parkir.

Ada beberapa saran yang bisa dilakukan untuk mencegah kejadian seperti ini. Salah satunya adalah menggunakan kunci tambahan.

“Kalau mau lebih aman bisa menggunakan kunci tambahan yang berbeda dengan milik orang lain. Selain menambah keamanan juga menyadarkan orang yang salah naik tersebut,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), saat dihubungi Minggu, (9/4/2017).

Salah satu teknologi yang bisa diterapkan pada kejadian motor tertukar ini adalah penggunaan fitur Immobilizer. Jika sepeda motor menggunakan fitur ini, meski kunci sama, tidak dapat menghidupkan mesin karena memiliki kode berbeda.

“Teknologi immobilizer cukup rumit dan jadi salah satu fitur canggih untuk keamanan sepeda motor. Ini bisa jadi salah satu pencegahan,” ucap Endro.

Namun bentuk pencegahan paling mudah adalah memberi tanda sepeda motor agar mudah dilihat perbedaannya dengan motor lain. Tidak perlu modifikasi, penggunaan stiker di area tertentu yang mudah terlihat bisa mencegah kejadian motor tertukar dengan milik orang lain.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa