Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seksinya Aerodinamis BMW i8

Febri Ardani Saragih - Rabu, 29 Maret 2017 | 08:05 WIB
BMW i8
Febri Ardani/Otomania
BMW i8

Jakarta, Otomania.com – Bentuk impresif bodi i8 dibuat untuk satu tujuan, menaklukan angin. Tapi selain rancangan teknis, para insinyur BMW juga mengemasnya dengan estetika dan seni tingkat tinggi.

Arsitektur mobil hibrida tipe plug in ini dibagi menjadi dua jenis, LifeDrive berbahan karbon diperkuat plastik atau CRFP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) untuk ruang penumpang serta bodi dan Drive-Module alumunium sebagai sasis yang menyatukan sistem penggerak hibrida.

BMW i8
Febri Ardani/Otomania
BMW i8
Bahasa sederhananya, bodi serat karbon i8 dibungkus material plastik. Bahan karbon-plastik bakal terasa kalau Anda coba mengetuk bodinya, misalnya di bagian pintu.

Dari luar desain i8 tampil klimis. Kepalanya selalu menunduk seakan selalu mencari sela buat menusuk. Tiap garis dan sudut bodi dibentuk untuk aerodinamis, bukan hanya mengalirkan udara tapi juga memanfaatkannya menekan bodinya yang seberat 1,4 ton ke bawah.

BMW i8
Febri Ardani/Otomania
BMW i8
Kap mesin lebar, ventilasi buka-tutup di gril depan, pilar A yang melandai, serta bentuk saluran angin dari bodi samping sampai belakang, membantu bodi tetap menempel di aspal. Angka koefisien drag i8 yaitu 0,26, sangat kecil sebab mobil ini dikembangkan dari nol di terowongan angin.

Pintu kupu-kupu 

Ciri khas mobil sport i8 makin kuat dengan pintu yang terbuka ke atas model butterfly (kupu-kupu). Membukanya dari dalam mudah, tinggal pencet tombol pada gagang lalu pakai sedikit tenaga mendorongnya ke atas.

Dari luar, Anda tidak akan menemukan gagang buat buka pintu. Cara membukanya menekan tombol yang tersembunyi di balik daun pintu dekat pilar B.

Kemudi BMW i8
Febri Ardani/Otomania
Kemudi BMW i8
Dimensi i8 lumayan besar yaitu panjang 4.689 mm, lebar (termasuk spion) 2.218 mm, dan tinggi 1.298 mm. Cari parkir bukan hal mudah untuk mobil ini, saran Otomania jangan pernah pilih parkir seri karena saat dua pintunya terbuka butuh ruang sampai 3 m.

Selain bikin terkesima, ternyata ada alasan lain mengapa i8 pakai pintu gunting yaitu memudahkan penumpang masuk ke baris kedua. Ya, mobil ini muat empat penumpang walau tidak nyaman untuk orang dewasa duduk di belakang.

BMW i8
Febri Ardani/Otomania
BMW i8

Pusat perhatian

Selama Otomania mencoba mengendarai mobil seharga Rp 3,5 miliar (off the road) di jalan, rasanya tidak ada sepasang mata yang tidak menoleh. Daya magnetnya besar, mudah sekali kagum pada i8. Walau genre mobil ini sport dengan kombinasi tenaga 363 tk dan torsi 570 Nm tapi tampilannya seseksi supercar

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa