Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aturan buat Jalur Transjakarta yang Tidak Punya Separator

Aditya Maulana - Rabu, 29 Maret 2017 | 07:45 WIB
Bus transjakarta melintas di jalan sekitar Istana Negara menuju Stasiun Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017).
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Bus transjakarta melintas di jalan sekitar Istana Negara menuju Stasiun Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017).

Jakarta, Otomania.com - Jalur Transjakarta tidak semua dilengkapi dengan separator. Sehingga, bisa dilalui oleh pengguna kendaraan lain seperti mobil dan sepeda motor.

Namun, jika jalur tersebut sedang dilewati oleh bus Transjakarta, maka pengendara lain harus mendahulukan alat transportasi Bus Rapit Transit (BRT) itu.

"Aturannya memang seperti itu, tetapi kalau tidak ada bus Transjakarta pengguna kendaraan lain bisa menggunakannya," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada Otomania.com belum lama ini.

Baca: Berani Terobos Jalur Transjakarta, Ini Dendanya

Menurut Budiyanto, sejak pertama Transjakarta beroperasi, ketentuan aturannya sudah seperti itu. Lain halnya dengan jalur yang sudah dilengkapi dengan separator alias pembatas.

"Kalau ada pembatasnya tidak boleh dilewati oleh pengguna jalan lain. Bisa kena tilang kalau nekat menerabas jalur tersebut," kata Budiyanto.

Mengacu pada data Transjakarta, kini tersedia 12 koridor. Jalurnya dibedakan, yaitu 110 cm lebih tinggi dari permukaan jalan biasa dan untuk jalan sempit tidak dilengkapi dengan separator.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa