Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Bertenaga Mana Brio, Mirage, March, atau Ignis?

Aditya Maulana - Rabu, 8 Maret 2017 | 07:45 WIB
Suzuki Ignis
Caradvice
Suzuki Ignis

Jakarta, Otomania.com - Persaingan pasar di segmen city car bermesin 1.2-liter semakin ketat. Sebab, bulan depan Suzuki akan meluncurkan Ignis yang didatangkan langsung alias completely build-up (CBU) dari India.

Secara bentuk, Ignis sebenarnya masuk ke kelas mobil kota, namun Suzuki mengklaim sebagai mini crossover. Di pasar otomotif nasional, Ignis punya pesaing seperti Honda Brio, Mitsubishi Mirage, dan Nissan March.

Semua mobil tersebut, dari segi performa mana yang lebih bertenaga? Sebagai bukti, Otomania.com akan membeberkan berdasarkan data di atas kertas.

Honda Brio CVT
Donny Apriliananda/KompasOtomotif
Honda Brio CVT

Pertama dimulai dari Honda Brio, yang secara spesifikasi mesin dibekali 1.2-liter SOHC, silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Jantung pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 88,7 tk pada 6.600 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Kedua, Mitsubishi Mirage yang dibekali mesin 1.2-liter 12-valve, 3-silinder DOHC MIVEC (3A92). Jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga 78,8 tk pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm.

Selanjutnya Nissan March dibekali mesin tipe HR12DE 1.2-liter yang mampu menghasilkan tenaga 74,9 tk dan torsi 10.6 kg.m.

Nissan Motor Indonesia menyegarkan tampilan March dengan desain DRL dan
Febri A/Otomania
Nissan Motor Indonesia menyegarkan tampilan March dengan desain DRL dan

Terakhir, Suzuki Ignis sebagai pendatang baru mulai bulan depan dipersenjatai mesin 1.2-liter dengan tenaga 83 tk dan torsi 113 Nm.

Suzuki Ignis yang akan meluncur bulan depan
Aditya Maulana - Otomania
Suzuki Ignis yang akan meluncur bulan depan

Nah, jika melihat data spesifikasi mesin di atas kertas, sudah bisa diketahui siapa yang punya tenaga lebih besar. Namun, untuk pilihan dikembalikan sesuai selera masing-masing konsumen.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa