Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rasanya Mengemudi "Mobil Murah" Renault

Aditya Maulana - Selasa, 28 Februari 2017 | 09:05 WIB
Renault Kwid
Setyo Adi Nugroho - Otomania.com
Renault Kwid

Jakarta, Otomania.com - Mengupas desain eksterior dan interior sudah selesai. Sekarang, tiba waktunya untuk membahas mengenai sektor jantung pacu, dan bagaimana rasanya mengendarai Renault Kwid di jalanan Jakarta.

Melihat spesifikasi mengenai jantung pacu, "mobil murah" Renault di Indonesia itu dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc, tiga silinder, 12 katup. Karakter mobil dengan tiga silinder, cukup kental, apalagi jika mendengar dari suara ketika pertama kali mesin menyala.

Namun, setelah coba berjalan ternyata punya pengendalian yang mudah dicerna. Sehingga, orang yang belum paham dengan mobil, bisa dengan cepat melakukan adaptasinya.

Misalnya, menyesuaikan pedal kopling, perseneling, hingga ketika digunakan di jalan macet, mobil ini masih lincah. Namun, jika sedikit digas dan pengemudi telat memindahkan gigi, tenaganya seolah tertahan dan mesin sedikit bergetar.

Renault Kwid
Setyo Adi Nugroho - Otomania.com
Renault Kwid

Jadi, patokannya di meter cluster akan ada tanda panah ke atas atau ke bawah. Jika sudah berkedip, maka sebaiknya pengemudi langsung memindahkan gigi, misalnya dari tiga langsung ke empat dan seterusnya.

Setelah masuk ke jalan yang konturnya jelek, cukup kagum dengan penggunaan suspensi. Bantingannya tidak terlalu keras, dan juga mengayun, pengaturan peredam kejutnya dirasakan sudah sangat pas, apalagi untuk kondisi jalan di Indonesia.

Di atas kertas, suspensi depan Kwid menggunakan Mac Pherson Strut dengan lower transverse link, sementara belakang Twist Beam dengan Coil Spring.

Mesin Renault Kwid
Setyo Adi Nugroho - Otomania.com
Mesin Renault Kwid

Bicara mengenai nilai negatif, Kwid yang diimpor utuh dari India ini punya blind spot yang besar, sehingga pengemudi harus lebih ekstra hati-hati jika berkendara, apalagi jalan yang ramai kendaraan lainnya.

Jadi, secara kesimpulan, untuk eksterior sangat bagus, interior kurang begitu maksimal, dan jantung pacu, serta pengendalian dirasa cukup baik untuk crossover mini seperti ini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa