Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Cuci Mesin Mobil "Hybrid"

Setyo Adi Nugroho - Senin, 27 Februari 2017 | 15:15 WIB
Mesin hybrid (hibrida) Toyota
Otomania/Setyo Adi
Mesin hybrid (hibrida) Toyota

Jakarta, Otomania.com - Pemilik mobil yang gemar dengan kebersihan sudah pasti memperhatikan tiap detail kendaraannya, termasuk pada bagian ruang mesin. Bagian ini memiliki potensi menyimpan kotoran karena di bawah terdapat ruang kosong yang jadi tempat masuk kotoran dan debu.

Guna membersihkan bagian ini biasanya pemilik mobil membawa ke bengkel yang menyediakan jasa cuci ruang mesin. Pertanyaannya adalah bagaimana bila ini dilakukan pada kendaraan hibrida (hybrid)?

“Sebenarnya tidak akan jauh berbeda dengan mesin biasa. Cuci mesin di mesin biasa tidak bisa sembarangan, asal semprot karena berpotensi menimbulkan kerusakan mesin. Begitu juga pada mesin hibrida,” ucap Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.

Menurut Gandhi, kemungkinan air akan mengganggu komponen yang ada di dalam ruang mesin. Catatan tambahan di dalam mesin hibrida terdapat kabel berwarna oranye yang tidak bisa sembarangan disentuh.

“Itu kabel tegangan tinggi. Hanya teknisi berpengalaman saja yang boleh mengutak-atik, bayangkan bila orang lain seperti pekerja di tempat cuci tidak sengaja memegangnya. Bisa terjadi malfungsi,” ucap Gandhi.

Gandhi menyarankan, untuk membersihkan ruang mesin kendaraan hibrida cukup di lap saja. Jika tetap ingin membersihkan ruang mesin pastikan menyerahkan pada tempat yang terpercaya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa