6 Motor Baru Suzuki Berstatus Buatan Indonesia

Febri Ardani Saragih - Senin, 20 Februari 2017 | 07:25 WIB
Gadis payung di acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).
Febri Ardani/Otomania
Gadis payung di acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).

Jakarta, Otomania.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua sudah mengatakan bakal bangkit dan berjanji meluncurkan setidaknya enam sepeda motor baru lagi tahun ini.

Kejutannya, ternyata semua motor itu dirakit di dalam negeri. Kabar Ini dijelaskan Managing Director SIS Seiji Itayama, Sabtu (18/2/2017).

Artinya, pasar domestik bakal jadi fokus buat keenam model itu. Walau tidak dijelaskan Itayama, ada kemungkinan beberapa model itu juga dijual ke luar negeri.

Itayama mengatakan seiring waktu kapasitas produksi di pabrik dikurangi menyesuaikan penjualan domestik Suzuki yang menurun curam. Masa jaya Suzuki terekam terjadi pada 2005, saat itu penjualannya mencapai 1.092.000 unit.

Potret tahun lalu, menurut data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), SIS cuma bisa menjual 56.824 unit atau hanya 0,96 persen dari total pasar 5,9 juta unit.

“Waktu maksimum, kami pernah jual 1 juta unit. Kami masih punya kapasitas itu. Masih bisa dipakai, kalau kami ingin,” ucap Itayama.

Tidak ada satupun nama model yang keluar dari Itayama untuk menjawab pertanyaan model apa saja yang akan rilis. Namun, masuk akal jika SIS menambah model skutik yang sangat digemari masyarakat.

Sebelumnya sudah santer terdengar, SIS bakal menyelam ke pasar skutik maxi 150cc. Ternyata segmen itu punya banyak peminat, dinilai sejak Yamaha NMAX hadir dengan harga lebih murah dari Honda PCX.

“Sabar, Suzuki sedang mempersiapkan semua segmen,” kata Itayama. 


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa