Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Mau Jualan 1 Juta Unit Motor Lagi di Indonesia

Azwar Ferdian - Minggu, 19 Februari 2017 | 10:05 WIB
Para gadis payung di acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).
Febri Ardani/Otomania
Para gadis payung di acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).

Jakarta, Otomania.com – Tidak bisa dipungkiri, kondisi Suzuki roda dua di Indonesia memang sangat mengkhawatirkan. Bayangkan saja, pada 2005 merek berlambang “S” ini pernah jualan 1 juta unit tapi 12 tahun kemudian cuma sanggup menelan sekitar 1 persen dari total penjualan nasional 6,2 juta unit.

Keterpurukan Suzuki pun diakui oleh Managing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W Seiji Itayama. Dia tidak menutup-nutupi ada banyak masalah internal yang dihadapi perusahaan jadi faktor penghambat untuk berkembang.

“Jadi memang beberapa penyebab timbul masalah ini, ada dari produk, jaringan penjualan, kualitas produk, suku cadang, dan lain-lain. Memang kami harus bereskan satu per satu,” ucap Itayama usai peluncuran GSX-R 150 dan GSX-S 150 di Jakarta, Sabtu (18/2/2017).

Berbagai isu negatif sudah sempat menyebar sebelumnya tentang konsistensi Suzuki. Bahkan terakhir, yang paling ekstrem, merebak cerita kalau operasi divisi roda dua SIS bakal dihentikan karena terus terpuruk. Namun, hal itu sudah dibantah oleh Komisaris Utama SIS Subronto Laras tahun lalu.

Baca: Sulit Buat Suzuki Motor Tinggalkan Indonesia

Untungnya, senja tidak keburu gelap. Pada tahun lalu, menurut Itayama, prinsipal di Jepang, sudah fokus pada Indonesia. Buktinya, dana sekitar Rp 100 miliar mengucur buat menambah fasilitas produksi menyambut kelahiran GSX-R 150 dan GSX-S 150.

Investasi belum selesai, Itayama mengatakan bakal ada setidaknya enam produk baru Suzuki yang meluncur tahun ini. Kejutannya, ternyata semua model itu akan diproduksi lokal.

“Terus terang tahun lalu, Suzuki Jepang mau fokus ke Indonesia karena pasar di sini memang besar dan kami punya sejarah. Kami sudah 46 tahun ada di sini. Makanya bagaimana kami bisa mundur, kami punya sejarah  Kami pernah jual 1 juta unit, mau tidak mau kami harus bangkit lagi,” ucap Itayama. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa