Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berapa Duit Ubah Yaris Standar Jadi Heykers ?

Aditya Maulana - Selasa, 14 Februari 2017 | 08:17 WIB
Toyota Yaris Heykers
Aditya Maulana - Otomania
Toyota Yaris Heykers


Jakarta, Otomania.com
-Setelah resmi meluncur akhir tahun lalu, Toyota Yaris Heykers mulai semakin jadi perhatian. Terutama bagi mereka yang punya Yaris lawas dan berminat meng-upgrade tampilannya seperti varian "ala-ala" crossover itu.

Kalau penggantian mesin aluminium dan transmisi continously variable transmission (CVT), sudah tentu sulit dilakukan. Tapi, urusan tampilan, tongkrongan, sampai ground clearance lebih tinggi 35 mm, ternyata bisa dilakukan.

Faktor utamanya, karena penggunaan suspensi TRD yang menyumbang 20 mm, dan ukuran ban lebih besar, yaitu 195/55 atau menjadi tinggi 15 mm. Total punya ground clearance 184 mm.

Pengguna Yaris standar jangan berkecil hati, sebab tetap bisa bergaya ala Heykers. Tetapi, biaya yang harus dikeluarkan juga cukup banyak, karena paling penting mengganti suspensi TRD dan ban.

Toyota Yaris Heylers berpeluang untuk diekspor.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Toyota Yaris Heylers berpeluang untuk diekspor.

Baca: Yaris CVT dan Heykers Meluncur

Berikut daftar harga yang dibeberkan Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Departement Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM):

Spring depan    : Rp 610.000 x 2 = Rp 1.220.000
Spring belakang : Rp 630.000 x 2 = Rp 1.260.000
Shock depan     : Rp 1.085.000 x 2 = Rp 2.170.000
Shock belakang  : Rp 655.000 x 2 = Rp 1.310.000

Iwan melanjutkan, bukan hanya itu konsumen juga harus mengganti ban dan pelek, tetapi tidak dijual di bengkel resmi. Alternatifnya membeli di toko aftermarket.

"Kalau pasang bebas di mana saja, hanya saja, kalau di luar ada masalah akibat pemasangan, garansi onderdil itu tidak bisa dicover. Total kalau pasang di bengkel resmi sekitar Rp 1 jutaan," ujar Iwan kepada Otomania.com, Senin (13/2/2017).

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa