"Warning", Wajib Kenali Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Aditya Maulana - Sabtu, 11 Februari 2017 | 12:22 WIB
Sebuah mobil terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/11/2016).
Budhi Firmansyah Surapati/ Beritajakarta.com
Sebuah mobil terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/11/2016).

Jakarta, Otomania - Mobil yang terbakar di jalan bebas hambatan alias tol tidak melulu terjadi pada mobil lawas. Kondisi baru sekalipun bisa dilalap api, karena banyak faktor, dan paling kerap terjadi adalah karena kesalahan dari pemilik.

Menurut penjelasan General Manager Technical Service Toyota Astra Motor Dadi Hendriadi, faktor eksternal seperti kesalahan modifikasi bisa saja menjadi penyebabnya. Apalagi, menyangkut melakukan ubahan pada sistem kelistrikan.

"Misalnya modifikasi lampu, tetapi pemasangannya tidak sempurna atau ada yang salah, atau penggunaan komponen yang tidak sempurna," ujar Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Dadi menambahkan, penyebab lainnya bisa juga karena kesalahan dari pemilik mobil. Salah satu contoh yang sering terjadi, yaitu lupa mengangkat lap berbahan kain di ruang mesin.

"Kain itu bisa saja jatuh ke exhaust manifold, dan bisa menjadi terbakar. Penyebab utama api bisa dari situ dan terus membesar," kata dia.

Selain itu, Dadi menyarankan jika ingin mengganti lampu harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sebab, jika watt-nya terlalu tinggi, risiko terjadinya korslet. "Bisa juga kebakaran penyebabnya dari itu," kata Dadi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa