Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Warning", Wajib Kenali Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Aditya Maulana - Sabtu, 11 Februari 2017 | 12:22 WIB
Sebuah mobil terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/11/2016).
Budhi Firmansyah Surapati/ Beritajakarta.com
Sebuah mobil terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/11/2016).

Jakarta, Otomania - Mobil yang terbakar di jalan bebas hambatan alias tol tidak melulu terjadi pada mobil lawas. Kondisi baru sekalipun bisa dilalap api, karena banyak faktor, dan paling kerap terjadi adalah karena kesalahan dari pemilik.

Menurut penjelasan General Manager Technical Service Toyota Astra Motor Dadi Hendriadi, faktor eksternal seperti kesalahan modifikasi bisa saja menjadi penyebabnya. Apalagi, menyangkut melakukan ubahan pada sistem kelistrikan.

"Misalnya modifikasi lampu, tetapi pemasangannya tidak sempurna atau ada yang salah, atau penggunaan komponen yang tidak sempurna," ujar Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Dadi menambahkan, penyebab lainnya bisa juga karena kesalahan dari pemilik mobil. Salah satu contoh yang sering terjadi, yaitu lupa mengangkat lap berbahan kain di ruang mesin.

"Kain itu bisa saja jatuh ke exhaust manifold, dan bisa menjadi terbakar. Penyebab utama api bisa dari situ dan terus membesar," kata dia.

Selain itu, Dadi menyarankan jika ingin mengganti lampu harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sebab, jika watt-nya terlalu tinggi, risiko terjadinya korslet. "Bisa juga kebakaran penyebabnya dari itu," kata Dadi.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa