Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ertiga Diesel Jauh Lebih Irit dari Bensin

Azwar Ferdian - Selasa, 7 Februari 2017 | 12:02 WIB
Suzuki Ertiga Diesel lebih irit bahan bakar
Febri Ardhani/Otomania
Suzuki Ertiga Diesel lebih irit bahan bakar

Jakarta, Otomania - ‎Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang ada pada Ertiga Diesel diklaim Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Klaim dari SIS, keiritan Ertiga Diesel mencapai 22,6 km/l.

Angka itu didapat dari metode uji Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BT2MP-BPPT) yang dilakukan pada Januari lalu.

Ertiga Diesel menggunakan teknologi Integrated Starter Generator (ISG) yang perannya menggantikan alternator namun dengan fungsi tambahan. ISG bekerja menyimpan energi saat mobil melakukan pengereman, energi yang tergolong terbuang itu disimpan ke dalam aki.

Selain itu ISG yang mengatur mengeluarkan energi simpanan itu untuk membantu akselerasi jika dibutuhkan. Cara kerja ini membantu Ertiga Diesel mengoptimalkan bahan bakar. SIS mengatakan bahan bakar untuk Ertiga Diesel adalah diesel dengan Cetane 51 setara Pertamax Dex.

Ertiga Diesel jauh lebih irit ketimbang saudaranya yang sudah hadir lebih dulu dengan mesin bensin. Harold Donnel, Product Development Section Head SIS, menerangkan, klaim konsumsi bahan bakar Ertiga Bensin 17,51 kpl dengan pengujian internal.

"Kami mau menyeragamkan proses pengujian bahan bakar dengan bekerja sama dengan organisasi resmi dari pemerintah," kata Harold. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa