Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesifikasi Teknologi Tinggi Honda Africa Twin

Aditya Maulana - Jumat, 3 Februari 2017 | 18:20 WIB
Honda CRF1000L Africa Twin
Aditya Maulana - Otomania
Honda CRF1000L Africa Twin

Jakarta, Otomania - Honda mulai bermain di segmen sepeda motor adventure dengan meluncurkan CRF1000L Africa Twin dan CRF250Rally. Khusus untuk Africa Twin hanya dijual di 10 Big Wing, sedangkan CRF250Rally di 145 diler Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pembahasan mengenai spesifikasi dimulai dari Africa Twin yang dilengkapi dengan mesin bertenaga, serta sasis dinamis untuk menjelajah di jalanan aspal atau off road.

Mengenai jantung pacu, dibekali mesin 998cc parallel-twin yang diambil dari pengalaman mesin balap off-road. Cast camshaft dibuat ringan menggunakan material sama seperti CBR1000R, menggerakkan valve train dan dua busi.

Pompa air radiator diletakkan didalam penutup kopling, pompa air radiator dan pompa oil digerakkan bersama poros balancer. Box perpindahan gigi manual yang ringan menggunakan shift-cam desain serupa di CRF250R/450R.

Honda CRF1000L Africa Twin
Aditya Maulana - Otomania
Honda CRF1000L Africa Twin

Bergerak ke suspensi menggunakan Showa dengan jarak main yang panjang dapat dilakukan penyesuaian penuh dan dipasang radial dengan dual kaliper Nissin 4 piston kaliper dan 310mm wave floating disc brake.

Bagian belakang Showa ini menyediakan spring preload yang dapat diatur. Roda depan berukuran 21 inchi dan belakang 18 inchi dengan ban 90/90-21 dan 150/70-18.

Sementara itu, salah satu keunikan yang ada pada motor ini, yaitu dilengkapi fitur Dual Clutch Transmission (DCT). Fitur ini berfungsi ketika pengemudi melepas kopling secara perlahan untuk mengurangi efek dari putaran secara cepat.  

DCT untuk model CRF1000L Africa Twin telah dilengkapi untuk dikendalikan di lingkungan adventure. Fungsi baru dari DCT sistem hadir dalam saat mendeteksi kondisi menanjak.  

Ketika melewati jalan menanjak, fungsi upshift adalah menghambat untuk menahan rpm tinggi. Saat jalan menurun, downshifts terjadi lebih awal untuk memungkinkan pengereman mesin yang lebih baik.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa