Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

CRF 250 L Diubah Jadi Supermoto Idaman

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 2 Oktober 2016 | 20:16 WIB

Jakarta, Otomania- Berniat untuk memiliki supermoto idaman, Eko Bambang sengaja mencari motor yang bisa dimodifikasi ke gaya yang diinginkan. Pencarian jatuh pada Honda CRF 250 L tahun 2012 yang dimiliki oleh sesama penggemar motor offroad.

“Saya dapat dari penggemar motor offroad. Pilihan jatuh ke CRF karena mudah untuk dimodif ke supermoto tanpa perlu banyak ubahan,” ucap Eko kepada Otomania, Jumat (2/10/2016).

Eko menyukai gaya supermoto karena bentuknya yang gagah dan bisa digunakan harian. Modifikasi pertama yang ia lakukan adalah mengubah ban dari model khusus tanah (pacul) menjadi ban aspal demi keamanan dan kenyamanan.

Pelek TK model jari-jari ukuran 17 inci dipasangkan pada motor tersebut. Ban Battlax dengan lebar 3 inci dipasangkan di depan, dan 4,25 inci di belakang. Sebelumnya CRF menggunakan ukuran pelek 18 inci di depan dan 21 inci di belakang.

Supaya lebih gahar, Eko mencari knalpot dan pilihan jatuh pada knalpot FMF 4.1 Titanium yang ditebus Rp 12 juta. Meski knalpot ini model plug and play, Eko harus melakukan beberapa perubahan.

“Ini sebenarnya punya CRF 250 R. Ada lekukan dari leher hingga ke tengah knalpot yang berbeda, jadi harus disesuaikan. Tidak sulit,” ucap Eko.

Di bagian mesin Eko menambahkan piggy bag merek Power Commander V untuk meningkatkan performa mesin. Pada bagian gir rantai belakang dipilih merek ROZ.

Sisi penampilan, Eko terilhami oleh CRF 450. Oleh sebab itu ia menyerahkannya pada bengkel SBS Stiker, Kemanggisan untuk membuat pola dan warna yang sesuai.

Pengerjaan motornya yang ketiga ini dilakukan di bengkel 170 Racing di bilangan Palmerah. Eko berkonsultasi langsung dengan sang pemilik bengkel, Haney, agar motornya tampil lebih sempurna.

“Pengerjaannya cukup cepat, hanya satu bulan. Total biaya yang dihabiskan dengan harga motor sekitar Rp 85 juta. Setelah ini ubahan mungkin diberikan pada warna rangka dan selang rem, tapi untuk saat ini saya sudah puas,” ucap Eko.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa