Kebiasaan Kuno Lain, Parkir Mobil dengan Posisi Transmisi Masuk

Febri Ardani Saragih - Selasa, 31 Januari 2017 | 14:35 WIB
transmisi manual
id.aliexpress.com
transmisi manual

Jakarta, Otomania – Selain injak pedal gas sebelum mematikan mesin, ada lagi kebiasaan turun-temurun yang unik, yaitu memasukan gigi transmisi manual saat mobil parkir. Beda seperti memainkan putaran mesin, pasang gigi masuk tidak begitu berbahaya, malah cenderung bisa membantu.

Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI), menerangkan alasan kebiasaan menggeser tuas persneling ke posisi gigi masuk karena ketakutan rem parkir belum cukup membuat mobil dalam posisi diam. Biasanya hal itu dilakukan saat kondisi parkir di tanjakan atau turunan.

Menurut Arifani ketika posisi gigi masuk tidak begitu memengaruhi mekanis di sistem transmisi. “Efek sebenarnya tidak ada selama memang mesin tidak dalam kondisi hidup atau didiamkan lama hitungan bulan, itu baru bisa mengganggu,” katanya, Selasa (31/1/2017).

Namun yang jadi catatan, kebiasaan pasang gigi masuk biasanya dilakukan buat model dengan sistem rem parkir menggunakan kabel. Sementara itu, jika mobil sudah mengadopsi sistem elektrik, cara itu tidak perlu lagi dilakukan.

Electric hand brake itu lebih baik daripada kabel,” ucap Arifani. 

Ada hal yang perlu diperhatikan jika pengemudi meninggalkan mobil parkir dengan gigi masuk, yaitu saat kembali dan ingin menyalakan mesin. Pastikan tuas persneling ada di posisi netral agar mobil tidak menyeruduk ketika mesin dinyalakan.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X