Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buang Kebiasaan Kuno, Geber Gas Saat Matikan Mesin Mobil

Aditya Maulana - Selasa, 31 Januari 2017 | 10:47 WIB
Smart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi.
Wikipedia
Smart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi.

Jakarta, Otomania — Banyak ritual ketika pengendara mematikan mesin mobil. Salah satu contohnya adalah menginjak pedal gas dan menggeber gas terlebih dulu sebelum memutar kunci kontak ke posisi off.

Tujuannya agar aki tetap memiliki daya ketika mau menyalakan mesin kembali. Lantas, apakah cara tersebut masih boleh dilakukan?

Menurut General Manager Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, cara seperti itu tidak dianjurkan lagi.

"Sekarang tidak lagi seperti itu, matikan mesin seperti biasa saja," kata Dadi kepada Otomania melalui pesan singkat, Selasa (31/1/2017).

Lantas bagaimana cara yang benar dalam mematikan mesin mobil? Dadi menjelaskan, usahakan posisi setir kemudi dan ban dalam kondisi lurus. Setelah itu bisa langsung menggeser kunci kontak ke posisi off atau menekan tombol start/stop engine.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), menambahkan, posisi tuas transmisi juga harus dalam kondisi netral.

"Buat matik pastikan di posisi P, dan manual netral. Setelah itu, boleh matikan mesin seperti biasa. Usahakan juga jangan menggeber pedal gas dulu untuk mobil keluaran terbaru," kata Anjar kepada Otomania.

Nah, ternyata cara benar matikan mesin mobil itu cukup mudah dan tidak perlu menggeber pedal gas atau kebiasaan lainnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa