Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bolehkah Ruang Mesin Mobil Dicuci?

Aditya Maulana - Selasa, 3 Januari 2017 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania - Beberapa tempat cuci mobil ada yang menawarkan jasa membersihkan ruang mesin. Caranya beragam, mulai dipoles dengan bahan khusus, hingga disemprot menggunakan air.

Lantas, sebenarnya bolehkan ruang mesin mobil itu dicuci apalagi menggunakan air? Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), cara seperti itu tidak dianjurkan.

"Sebaiknya dibersihkan dengan cara dilap. Itu juga bisa tetap bersih dan juga aman," ujar Anjar saat dihubungi Otomania melalui pesan singkat, Senin (2/1/2017).

Dijelaskan Anjar, jika disemprot pakai air kemungkinan korslet cukup tinggi. Apalagi ada kabel yang kebuka dan tekanan airnya terlalu tinggi.

"Air bisa masuk ke sambungan atau soket yang ada, sehingga kemungkinan besar akan ada hubungan arus pendek," kata dia.

Ini yang bisa menyebabkan mesin mobil mengalami gangguan, dan bisa mogok. Bahayanya lagi bila sampai korslet, kemungkinan akan menimbulkan api dan risikonya bisa terjadi kebakaran.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa