Penyebab Setir Mengunci Ketika Mesin Mobil Mati

Aditya Maulana - Selasa, 31 Januari 2017 | 12:05 WIB
Setir miring kiri, butuh diselaraskan, tapi tidak mengurangi performa laju dan mesin yang masih prima.
Otomania-Donny Apriliananda
Setir miring kiri, butuh diselaraskan, tapi tidak mengurangi performa laju dan mesin yang masih prima.

Jakarta, Otomania — Tidak sedikit pengguna mobil pernah berada dalam kondisi ketika setir kemudi mengunci saat mesin mati. Biasanya ini terjadi saat kondisi ban tidak lurus. Akibatnya, usaha menyalakan mesin menjadi susah.

Menurut penjelasan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), switch kendaraan itu posisinya lock, acc, dan on. Jika kunci dicabut, setir otomatis mengunci untuk mencegah pencurian, apalagi ban tidak lurus.

"Sebenarnya bukan mesin jadi susah menyala, tetapi urutannya memang harus putar kunci untuk melepas lock setir, dan sedikit digoyang sedikit sambil putar kunci kontak untuk melepasnya," ujar Anjar kepada Otomania, Selasa (31/1/2017).

Anjar melanjutkan, cara seperti itu bisa mengembalikan setir ke posisi acc (normal). "Kalau sudah normal, maka mesin bisa menyala kembali," kata dia.

Sebaiknya, kata dia, sebelum matikan mesin, pastikan kondisi kemudi dan ban dalam posisi lurus. Tujuannya agar setir tidak mengunci. Namun, jika kita ingin agar setir terkunci, caranya pun cukup mudah.

"Hanya cukup menggeser ke kanan atau ke kiri setelah mesin sudah mati, nanti otomatis terkunci. Cara mengaktifkannya lagi pun seperti itu, digoyang sedikit," ujar Anjar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa