Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Perbaikan Kerusakan Setir Mobil

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 22 November 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania – Setir atau lingkar kemudi menjadi bagian mobil yang memiliki peran penting. Namun seperti bagian kendaraan lainnya, setir juga mengalami potensi kerusakan.

Kerusakan pada setir paling banyak adalah akibat pemakaian. Karet pada setir menjadi rusak dan membuat genggaman tangan menjadi tidak nyaman.

Saat ini berbagai bengkel khusus setir dapat menangani keluhan pemilik mobil tersebut. Pengerjaan bisa memperbaiki sampai mengganti baru lingkar kemudi.

“Kerusakan pada setir biasanya dari bahan saja. Bisa diperbaiki menggunakan tulang setir yang lama. Dibuat seperti orisinil bisa, mau ditambah bahannya lebih tebal juga bisa,” ucap Bobby dari bengkel aksesori Spec Rare Item, MGK Kemayoran, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Perbaikan pada bengkel setir ini juga meliputi kelistrikan pada lingkar kemudi, yang memiliki tombol pengatur audio. Bengkel setir ini juga bisa menjadi jalan keluar bila pemilik mobil ingin menambah tombol pengatur audio.

“Bisa juga memperbaiki airbag. Waktu yang dibutuhkan agak lama karena harus mencopot aki agar tidak meledak. Harganya bisa 40 persen lebih murah dibanding harus ke bengkel resmi,” ungkap Bobby.

Selain itu, bengkel setir juga jadi tempat pemilik kendaraan yang ingin meng-upgrade tampilan setir mobilnya menjadi lebih baru dengan model setir model tertinggi di satu merek. Misalnya pemilik Innova lama ingin setir Innova terbaru, bisa saja dilakukan.

“Asal dari merek yang sama bisa dilakukan. Tombol pada setir juga dapat difungsikan selama memang ada fitur tersebut di kendaraan. Misal ada tombol cruise control, bila di model lama ada fitur tersebut tinggal pasang,” ucap Bobby.

Untuk model setir Innova terbaru sudah tersedia di pasaran dengan harga Rp 6 jutaan. Begitu juga dengan setir Honda HR-V terbaru sudah tersedia dengan harga Rp 6 jutaan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa