Posisi Riding All New Yamaha R15

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 31 Januari 2017 | 11:38 WIB
Tes ride Yamaha R15 di Sentul
Otomania/Setyo Adi
Tes ride Yamaha R15 di Sentul

Jakarta, Otomania – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan produk terbarunya All New Yamaha R15 beberapa waktu lalu di Sirkuit Sentul. Motor dengan mesin 155 cc berteknologi VVA ini benar-benar berbeda dari pada model terdahulu.

Pada kesempatan tersebut, Otomania tidak melepaskan kesempatan untuk mencoba duduk di atas jok R15 terbaru.

Pada model terdahulu, rider yang memiliki tinggi 169 cm akan cukup mudah menapak di aspal saat motor sedang diam. Di model terbaru ini terasa cukup tinggi karena tinggi jok saat ini menjadi 825 milimeter.

Usut punya usut, motor dengan dimensi panjang 1.990 milimeter, lebar 725 milimeter dan tinggi 1.135 milimeter ini mengganti titik pivot lengan ayun lebih tinggi dibanding model terdahulu. Alasannya untuk mengejar titik beban yang seimbang antara bagian depan motor dan belakang.

Impresi kedua yang coba Otomania rasakan adalah batang kemudi. Impresi pada model R15 terdahulu adalah tangan yang cepat pegal saat mengendarai motor terutama untuk biker harian. Di model terbaru ini Yamaha memberikan model setang underyoke yang lebih racy, tentu di atas kertas akan lebih terasa pegal.

Tes ride Yamaha R15 di Sentul
Otomania/Setyo Adi
Tes ride Yamaha R15 di Sentul

Namun ternyata kesimpulan tersebut tidak dirasakan, sebab saat kaki di atas footstep, paha membentuk sudut yang cukup nyaman untuk badan tidak menopang pada kedua tangan. Memang belum dicoba untuk berkendara harian, tapi dari sini bisa dinilai posisi berkendara R15 terbaru tidak cepat lelah seperti di model lama, terutama untuk biker yang gemar menggendong tas.

“Waktu develop R15 lama kita memang konsentrasi ke feel super sporty. Sekarang di R15 baru kami perbaiki posisi duduknya dengan meninggikan sedikit. Jadi enak buat harian, tapi karakter sportnya tetap terasa. Bagian belakang buat bonceng itu juga diubah tidak terlalu tinggi,” ucap Ferry, tim Service Education YIMM saat perkenalan R15 terbaru beberapa waktu lalu.

Nah, sepertinya memang ubahan itu cukup dirasakan di R15 terbaru ini. Jadi penasaran bagaimana membawa motor ini di jalanan untuk harian, tapi ini perlu menunggu waktu karena Yamaha belum akan menghadirkan R15 secara resmi hingga kuartal kedua tahun ini.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X