Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bolehkah Motor Baru Langsung Digeber?

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 26 Januari 2017 | 08:25 WIB
Yamaha R15 rival Honda CBR 150
Otomania/Setyo Adi
Yamaha R15 rival Honda CBR 150

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik sepeda motor yang sudah lama memesan motornya, pasti sudah tidak sabar untuk menggeber tunggangannya. Namun sebaiknya keinginan ini ditunda terlebih dahulu.

Motor baru baiknya melalui masa penyesuaian atau yang lazim dikenal dengan istilah inreyen atau break in dengan benar. Menurut Zahid, teknisi Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor baiknya tidak digeber penuh selama masa penyesuaian ini.

“Sepeda motor, motor sport juga, baiknya tidak boleh digeber dengan memutar tuas gas penuh. Ini agar komponen mesin bisa menyesuaikan dengan bekerja terlebih dahulu tanpa dibebani tugas berat,” ucap Zahid saat ditemui beberapa waktu lalu.

Masa penyesuaian ini bisa dilakukan dalam rentang jarak penggunaan 500 kilometer pertama. Mengenai masa penyesuaian ini sebenarnya sudah ada di buku petunjuk pemilik sepeda motor.

Pemilik motor juga tidak boleh melewati pemeriksaan dan penggantian pelumas mesin pada 1.000 kilometer pertama. Alasannya, agar sisa partikel mesin hasil gesekan komponen baru dapat dibersihkan.

“Ganti oli di 1.000 kilometer karena kondisi mesin dari pabrik ada sisa gram atau komponen mesin. Itu sebabnya di 1.000 km harus ganti oli,” ucap Zahid.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa