Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Rawat Helm yang Kena Air Hujan

Setyo Adi Nugroho - Senin, 23 Januari 2017 | 18:14 WIB
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah.
Kompas/Iwan Setiawan
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah.

Jakarta, Otomania - Cuaca hujan bisa menjadi kondisi yang merepotkan bagi pengendara sepeda motor. Kondisi alat pendukung dan motor perlu selalu diperhatikan agar dapat bekerja saat hujan

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah helm yang digunakan saat berkendara. Saat hujan dapat mempengaruhi kenyamanan penggunaan helm.

Menurut Dani Sena, dari Toko Helm Ku, Pangeran Jayakarta, perawatan helm di saat terkena air hujan perlu perhatian lebih. Pasalnya kotor dan kondisi lembab sering dibiarkan oleh pengendara sampai akhirnya helm menjadi tidak nyaman saat digunakan.

“Paling tepat segera sempatkan untuk membersihkan atau mengeringkan helm. Lebih bagus dicuci. Pilih helm dengan liner yang mudah di lepas pasang,” ucap Dani saat ditemui beberapa waktu lalu.

Liner yang sudah copot di cuci dengan direndam pada air sabun. Gunakan sabun cair untuk menghilangkan kotoran dan bau apek.

“Setelah itu keringkan. Tapi diangin-anginkan saja, jangan kena sinar matahari langsung. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat membuat daya peredaman liner berkurang,” ucap Dani.

Untuk helm bagian luar dan visor, gunakan lap halus untuk membersihkan. Hindari penggunaan lap bekas pakai membersihkan perangkat lain karena ditakutkan bahan yang terkandung di lap tersebut dapat merusak cat dan visor helm.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa