Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Ban Mobil Cepat Botak

Febri Ardani Saragih - Senin, 23 Januari 2017 | 15:01 WIB
Ciri-ciri keausan ban tergantung tekanan ban.
wintertyres-yorkshire.co.uk
Ciri-ciri keausan ban tergantung tekanan ban.

Jakarta, Otomania – Isi ulang tekanan ban wajib sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang tertera di stiker petunjuk pada bodi mobil. Jika salah ukuran tekanan, dampaknya bukan hanya bisa buruk buat keselamatan berkendara tapi juga kesehatan ban itu sendiri.

Menurut penjelasan pada buku Sistem Ban dan Roda karya Buntarto, tekanan ban yang salah bisa mempercepat keausan. Tentu saja hal itu memperpendek usia pemakaian ban.

Jika tekanannya lebih rendah, maka bentuk ban berubah menjadi cekung saat berputar. Akibatnya tumpuan berada di bagian bahu ban (sisi luar tapak), bagian ini akan lebih cepat aus.

Perlu diketahui juga, berkendara dengan kondisi seperti ini meningkatkan aquaplaning dan bikin boros bahan bakar.

Jika tekanan ban terlalu tinggi maka yang akan jadi tumpuan adalah bagian tengah. Dampaknya bagian tengah itu bakal botak duluan. Dalam kondisi ban seperti itu, traksi dengan permukaan jalan bakal berkurang dan menyebabkan gerakan mobil lain dari biasanya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa