Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Perawatan, Usia Ban Malah Bisa Pendek

Stanly Ravel - Minggu, 8 Januari 2017 | 09:22 WIB

Jakarta, Otomania - Ban merupakan komponen penting dalam semua kendaraan. Sayangnya, banyak perlakuan salah yang membuat umur ban menjadi lebih pendek.

Salah satu kebiasaan buruk pemilik kendaraan yang bisa memangkas usia ban adalah ketika sedang mencuci kendaraan.

"Selain tekanan udara, membersihkan ban juga perlu diperhatikan. Kebiasaan mencuci ban menggunakan detergen bisa berdampak buruk bila sering dilakukan," kata Wawan, salah satu mekanik Planet Ban di Kawasan Pasar Minggu kepada Otomania, Sabtu (7/1/2016).

Menurut Wawa, detergen memiliki sifat panas yang tidak baik untuk material karet ban. Bila terus-menerus digunakan, elastisitas ban akan berkurang yang membuatnya jadi keras.


Tidak hanya itu, Wawa juga menyaranakan saat mencuci ban baiknya pemilik kendaraan tidak terlalu keras menekan sikat ke dinding ban. Dampak dari tekanan bisa mengikis lapisan ban.

"Kalau kita sering lihat pinggiran ban yang retak-retak, itu karena getas. Biasanya karena tekanan sikat yang berlebihan dan berulang-ulang. Kalau pakai sikat pilih yang halus, atau lebih baik pakai spon saja," kata Wawa.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa