Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Kerikil Kecil yang Terselip di Tapak Ban

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 23 November 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Ban menjadi bagian penting pada kendaraan karena perannya yang bersentuhan langsung dengan jalan. Guna memaksimalkan tugasnya tersebut, pemilik mobil wajib memperhatikan kondisi ban.

Salah satu kondisi yang kerap terjadi pada ban adalah hadirnya kerikil-kerikil kecil yang tersangkut di sela-sela alur ban. Apa yang harus dilakukan pemilik terhadap kondisi ban seperti ini?

Menurut Akhir Anarkhimurni, Senior tester R&D PT Gajah Tunggal, kehadiran kerikil-kerikil ini memang menyebabkan kekhawatiran bahwa kerikil dapat menembus telapak ban dan menyebabkan kebocoran.

“Namun sebenarnya lapisan ban cukup tebal untuk menahan kerikil. Berbeda dengan paku atau baut tajam yang dapat menyebabkan kebocoran,” ucap Akhir.

Akhir mengungkapkan, sebagai tindakan perawatan, tidak masalah untuk membersihkan kerikil-kerikil tersebut saat membersihkan kendaraan. Bersihkan seminggu sekali. Tindakan ini termasuk pemeriksaan kondisi ban kendaraan.

“Saat mencuci kendaraan, singkirkan saja kerikil-kerikil yang terdapat pada ban dengan menggunakan obeng atau alat lain untuk mencungkil. Ini sekaligus melakukan pengecekan pada kondisi permukaan ban. Ini juga bagian perawatan ban,” ucap Akhir.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa