Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembeli Toyota "Kebal" terhadap Kenaikan Surat Kendaraan

Aditya Maulana - Selasa, 17 Januari 2017 | 09:45 WIB

Jakarta, Otomania - Awal tahun ini terbit Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). Intinya, tarif kepengurusan surat kendaraan menjadi naik.

Imbasnya, harga mobil dan sepeda motor menjadi sedikit lebih mahal, plus bea pajak kendaraan yang juga setiap tahun naik. Namun, menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing and Sales Toyota Astra Motor (TAM), kondisi seperti itu tidak akan berpengaruh pada konsumen Toyota.

"Kenaikan tarif itu tidak menjadi beban konsumen. Analisa kami sebagian besar konsumen melakukan pembelian menggunakan fasilitas kredit," ujar pria yang akrab disapa Soerjo itu di kawasan Jakarta Pusat, Senin (16/1/2017).

Dijelaskan Soerjo, jika kenaikan tarif tersebut dihitung dengan tenor kredit, maka tidak akan begitu terpengaruh. Sebab, beban konsumen menjadi lebih ringan, lain halnya dengan pembeli tunai.

Baca: Begini Penerapan Ubahan Biaya Baru di STNK

"Itu semua menurut analisa kami, dan pada intinya kami akan selalu mengikuti kebijakan dan peraturan dari pemerintah," kata dia.

Dalam peraturan baru itu, tertulis bahwa penambahan tarif pengurusan berlaku ketika melakukan pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, dan surat izin serta STNK lintas batas negara.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa