Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belajar Kelebihan Busi Platinum

Stanly Ravel - Minggu, 25 Desember 2016 | 09:56 WIB

Jakarta, Otomania - Busi menjadi salah satu komponen yang cukup penting pada semua kendaraan. Seiring dengan perkembangan teknologi mesin, maka busi juga beradaptasi agar bisa mengimbanginya.

Perkembangan busi saat ini cukup banyak, mulai dari yang menawarkan performa lebih dengan percikan api, sampai material berkualitas. Contohnya seperti busi berbahan platinum yang diklaim memiliki banyak kelebihan.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, menjelaskan bahwa busi platinum memiliki segi positif baik dari kualitas maupun daya tahan.

"Busi berbahan platinum atau platina memiliki sifat logam putih padat, lunak dan ulet. Dengan memiliki campuran tersebut busi ini punya kemampuan bertahan terhadap panas hingga 21 persen lebih baik dibandingkan jenis material nikel," ucap Diko dalam keterangan resminya, Kamis (22/12/2016).

Menurut dia, tingginya nilai titik lebur menjadikan busi platinum sangat baik untuk memenuhi kebutuhan mesin kendaraan modern. Apalagi materialnya juga tahan terhadap korosi.


Berangkat dari hal ini, NGK mengembangkan busi berbahan platinum yang dipasarkan melalui produk G-Power. "Jenis busi ini menggunakan platinum pada ujung tip elektroda tengah yang berpadu dengan nikel pada ground electroda. Hasilnya mampu menjadikan efek quenching (pendinginan) pada saat terjadi pembentukan inti api berkurang," papar Diko.

Selain memiliki daya tahan, busi bermaterialkan platinum juga memiliki kelebihan lain, yakni meningkatkan efesiensi bahan bakar, emisi rendah, menghindari gangguan sistem elektronik, tahan lama di suhu tinggi, sampai kemampuan mengurangi tegangan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa