Kebiasaan yang Salah Saat Bersihkan Busi

Stanly Ravel - Jumat, 11 November 2016 | 10:35 WIB

Jakarta, Otomania - Meski butuh perawatan, namun saat membersihkan busi tidak boleh sembarangan. Biasanya banyak yang menggunakan amplas serta sikat kawat saat bersihkan busi. Tapi cara ini ternyata salah, karena dapat mengikis ujung elektroda yang membut jarak (gap) busi tidak standar lagi.

Namun bagi yang ingin tetap merawat busi, ada cara mudah untuk melakukannya. Asisten Manager Produksi Pt NGK Busi Indonesia Syamsudin, menjelaskan tidak perlu diamplas tapi cukup dibersihkan pakai bensin.

"Rendam saja menggunakan bensin. Busi dilepas lalu sediakan wadah kecil guna merendam sebentar. Untuk menyingkirkan elektroda dari karbon bisa gunakan sikat yang halus, atau sikat gigi," ucap Syamsudin saat dihubungi Otomania melalui ponsel, Rabu (9/11/2016).

Menurutnya, cara ini jauh lebih aman dibandingkan digosok dengan amplas atau sikat besi. Namun saat akan dipasang, pastikan busi benar-benar dalam kondisi kering.

"Yang direndam hanya bagian kepala, jangan seluruhnya karena khawatir ada kebocoran. Saat mau dipasang, pastikan busi sudah dalam kondisi benar-benar kering," papar Syamsudin.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X