Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Busi Jadi Penyebab Motor Brebet

Setyo Adi Nugroho - Senin, 8 Agustus 2016 | 10:35 WIB

Jakarta, Otomania – Masalah ini cukup sering menimpa motor yang masih memakai sistem kaburator adalah kurang tenaga dan mengalami kondisi brebet. Salah satu penyebabnya adalah, pengapian yang tidak sempurna terutama pada komponen busi.

“Pada kepala busi tandanya berwarna hitam. Ini akibat komposisi bahan bakar terlalu banyak sehingga menyebabkan sisa di kepala busi dan kotor,” ucap Tomi, mekanik senior Gladia Motor Jatiwaringin saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Jika ditilik dari penyebabnya, busi menghitam ini bisa terjadi akibat pengaturan bensin di karburator dan kereganggan klep yang sudah berkurang akibat usia pakai.

Tanda-tanda awal masalah ini selain motor menjadi kurang tenaga adalah motor jadi susah dihidupkan serta konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Masalah ini juga terjadi karena pemilik motor jarang melakukan perawatan berkala untuk motornya.

“Solusinya dibawa ke bengkel untuk dilakukan penyesuaian. Nanti tinggal melihat kondisi busi, apakah masih bisa dibersihkan atau tidak. Disarankan mengganti komponen busi dengan yang baru setelah mesin dilakukan penyesuaian agar komposisi bensin dan udara tepat,” ujar Tomi.

"Memang masih ada beberapa sebab motor brebet namun paling mudah dilihat adalah kondisi busi. Selain itu jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala agar kondisi motor dapat terjaga dan siap digunakan," ucap Tomi. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa