Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Busi Sekarat Saat Darurat

Stanly Ravel - Kamis, 10 November 2016 | 09:45 WIB

Jakarta, Otomania - Busi pada sepeda motor dan mobil memiliki masa pakai. Bila dayanya sudah berkurang, otomatis fungsinya memercikan api menjadi lemah, bahkan bisa tiba-tiba membuat mesin mati.

Kondisi ini tentu merepotkan bila sedang melakukan perjalanan. Makin runyam bila tidak membawa busi cadangan ditambah tidak ada bengkel terdekat.

Bagi yang pernah megalaminya, tidak perlu panik. Masih ada cara untuk membuat busi tadi menyala kembali, tapi hanya untuk sementara.

"Dari pengalaman hasil sharing dengan komunitas, bisa dengan pecahkan keramik businya. Kalau dipecahkan akan kelihatan batang elektrodanya, setelah dipasang coba hidupkan lagi," ucap Asisten Manager Produksi PT NGK Syamsudin saat dihubungi Otomania, Rabu (9/11/2016).


Keramik fungsinya sebagai rumah sekaligus sekering elektorda. Saat busi sudah sekarat, dan keramik dipecahkan lompatan percikan api menjadi lebih besar karena bersifat langsung.

Meski bisa dihidupkan lagi, namun menurut Syamsudin hanya sementara. Paling tidak sampai bengkel terdekat untuk membeli dan mengganti busi dengan yang baru.

"Saat sudah menyala, kondisi motor tidak boleh sampai mati. Usahakan sampai bengkel terdekat, karena bila mesin mati busi tidak bisa hidup lagi," kata Syamsudin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa