Berlibur dengan Mobil Diesel, Hindari SPBU Ini

Stanly Ravel - Kamis, 22 Desember 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania - Bagi pengguna mobil diesel yang hendak menikmati liburan ke luar kota, ada ritual khusus yang wajib diperhatikan. Bukan sekadar masalah filter Solar, tapi juga mengenai kebiasaan saat mengisi bahan bakar.

General Repair Service Manager Toyot Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman, menjelaskan, selain wajib menggunakan bahan bakar Solar yang baik, pengguna mobil diesel juga harus pintar-pintar memilih tempat pengisian bahan bakar.

"Kalau keluar kota harus pintar memilih SPBU, tidak semua memiliki kualitas yang sama. Sebaiknya hindari pom yang sepi dan kurang terawat," ucap Iwan saat dihubungi Otomania, Kamis (8/12/2016).

Iwan mengingatkan, salah satu ciri pom bensin yang baik adalah yang ramai dipenuhi kendaraan. Karena dengan kondisi ramai, otomatis tangki timbun penyimpanan Solar akan terus bersirkulasi dan terhindar dari kemungkinan adanya endapan.


Seperti diketahui, endapan dari sulfur atau kontaminasi air bisa menggangu saluran bahan bakar pada mesin. Efeknya bisa sangat merugikan.

"Pom yang kurang terawat bisa dilihat dari visualnya, apalagi di daerah sepanjang Pantura. Untuk mobil diesel modern, jangan coba-coba isi solar biasa kalau tidak terpaksa, kualitas Solar menentukan performa dari mesin," kata Iwan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa