Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Datsun GO Berlukis Persatuan Indonesia (Video)

Stanly Ravel - Selasa, 20 Desember 2016 | 08:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta, Otomania - Setelah dinobatkan sebagai juara dari Jakarta, Datsun GO karya Tomi Airbrush langsung menyabet gelar The Ultimated Champion Datsun Xplore Your Style 2016. Dengan tema "Indonesia Punya Cerita" yang diilhami dari Persatuan Indonesia, "mobil murah" ini berhasil menyingkirkan dua finalis lain dari Medan dan Surabaya.

Secara konsep, sebenarnya tidak banyak rombakan yang dilakukan oleh Tomi. Bisa dibilang semua masih menerapkan tampilan pabrikan tanpa ada ubahan ekstrem yang membuat tampang aslinya hilang.

Namun bukan berarti polos, agar maksimal dan makin berkelas, Tomi sengaja membenamkan body kit yang membuat Datsun lebih agresif. Untuk desainnya benar-benar dikerjakan sendiri yang terinspirasi dari tampang sangar sport car Lamborghini.

Dua lubang udara pada sisi kiri-kanan menunjukkan kesan yang tajam, sedangkan lip spoiler di bagian bawah membuat tampilan makin terlihat sporty. Untuk bagian belakang, dibenamkan sayap lebar dua lapis guna memperkuat karakternya.


Belum puas dengan permainan body kit, Tomi sengaja merombak sektor kaki-kaki dengan pelek berdimensi lebar yang dibungkus dengan profil ban tipis. Hasilnya, mampu menepis kesan murah pada Datsun Go.

Grafis Nasionalis

Permainan airbrush menjadi salah satu pengerjaan yang paling sulit. Tidak sembarangan, di sini Tomi benar-benar menujukan keahliannya dalam melukis di atas bodi mobil melalui tema Nasionalisme.


"Konsep modifikasi ini sebenarnya memiliki tema dan visi membangun persatuan Indonesia. Dalam satu mobil ada sebuah cerita, ada sejarah kesenian, dan alam," ucap Tomi kepada wartawan di Jakarta Selatan, Minggu (18/12/2016).

Untuk membuat karya bertema Indonesia Punya Cerita, Tomi berusaha mengkaitkan benang merah yang cukup panjang. Mulai dengan menggrafis perjalanan tokoh presiden dari zaman Bung Karno hingga Jokowi, sampai detail ragam kesenian yang jadi budaya Indonesia.

Semua dituangkan dalam tubuh Datsun. Bahkan burung garuda pun dibenamkan pada kap mesin sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika.


"Kami ingin menceritakan bangsa Indonesia, harapannya Indonesia tetap bersatu. Untuk desain kami buat dari nol dan lama pengerjaan sampai satu bulan. Kami punya tim sendiri untuk mengerjakan masing-masing sektor," ucap Tomi.

Interior

Selesai dengan urusan bodi, giliran beralih ke dalam interior. Pada sektor ini, Tomi sengaja untuk tidak melakukan banyak perubahan yang menghilangkan sisi kenyamanannya. Sebaliknya, Tomi justru mempunyai misi membuat Datsun naik kelas.

Bila dilihat sekilas, orang akan menilai bahwa ubahan terbesar hanya ada di pelapis jok dan doortrim saja, namun sebenarnya Tomi banyak memberikan fitur baru pada Datsun.


Contohnya seperti pengaturan audio di gagang kemudi, bukan cuma tempelan tapi audio control ini bisa difungsikan untuk mengatur head unit 2 DIN layar sentuh yang jadi sarana hiburannya. Selain itu Tomi juga membuat spion yang bisa dibuka tutup secara otomatis, tanpa repot harus mengaturnya secara manual lagi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa